Indonesia memang dikenal sebagai negara yang memiliki keberagaman budaya dan ras. Hal itu juga membuat keberagaman bahasa dari daerah masing-masing. Bahkan, Indonesia berhasil masuk dalam jajaran negara dengan bahasa terbanyak di dunia.

Dilansir dari lembaga riset linguistik dan telaah bahasa Ethnologue, Selasa (22/11/2016), Indonesia menjadi negara kedua dengan jumlah bahasa terbanyak. Sementara posisi pertama ditempati oleh Papua Nugini.

Peringkat negara dengan jumlah bahasa terbanyak (Ethnologue)
Peringkat negara dengan jumlah bahasa terbanyak (Ethnologue)

Ethnologue menyebutkan diantara 35 provinsi, Indonesia memiliki 707 macam bahasa yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. 706 diantaranya adalah bahasa asli, sementara satunya adalah bahasa asing.

Dengan keberagaman itu, kebanyakan orang-orang juga dapat menguasai lebih dari dua bahasa selain bahasa Indonesia yang menjadi alat pemersatu negara. Sayangnya, terdapat 76 macam bahasa yang terancam punah karena sudah jarang dipergunakan.

Sementara itu, Papua Nugini yang wilayah negaranya masih menyatu dengan Indonesia itu memiliki 839 bahasa. Hal itu dikarenakan topografinya yang berupa lereng pegunungan dan dataran tinggi yang sulit diakses.

Diposisi ketiga ditempati oleh Nigeria dan keempat adalah India. Sementara Amerika Serikat menempati posisi kelima dengan 422 bahasa dan 206 diantaranya adalah bahasa asing dari kaum pendatang. (tom)