Nasi padang bukan merupakan menu yang asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Meski masakan daerah, nyatanya nasi padang menjadi menu favorit di tiap lapisan masyarakat. Saking familiarnya, warung atau restoran yang menjual menu masakan padang amat mudah dijumpai di berbagai kota. Salah satunya Kota Semarang, Jawa Tengah.

Di kota ini bukan hal sulit untuk menemui restoran padang, tapi ada satu yang cukup berbeda dari yang lain. Namanya Restoran Padang Plus. Restoran ini menjadi unik karena cara penyajiannya yang berbeda dari restoran padang kebanyakan.

Bila pada umumnya, menu-menu di restoran padang disajikan dengan menumpuk berbagai macam menu di satu meja, di sini pelanggan bebas memilih menu yang diinginkan. Seperti prasmanan, tetapi jika pengunjung restoran ingin memilih menu, tinggal pilih apa yang disajikan dalam meja berputar atau conveyor yang lazim digunakan pada masakan sushi di restoran jepang.

Conveyor di Restoran Padang Plus (Tribunnews)
Conveyor di Restoran Padang Plus (Tribunnews)

â??Masakan padang kan hampir disukai semua orang. Kami tertarik menggabungkan konsep penyajian dengan conveyor seperti di restoran jepang. Selain penyajiannya berbeda, kalau di restoran padang lainnya, satu piring kan bisa berisi banyak, yang makan boleh ambil kemudian sisanya kan diambil lagi. Kalau di sini sudah jelas per porsinya, di tiap piring yang berputar,â? ujar Faisal Idris, Manajer Operasional Padang Plus, seperti dikutip dari Tribunnewscom, Rabu (23/11/2016).

Penyajian dengan conveyor dilakukan jika pembeli ingin memilih menu komplet. Tetapi pembeli juga bisa langsung memesan satu jenis menu atau menu paket, tanpa perlu memilih menu di atas conveyor.

Restoran Padang Plus sudah berdiri sejak tahun 2006. Menurut Faisal, awalnya dirinya dan teman-temannya tertarik untuk membuat restoran Jepang. Namun pada tahun 2006 menu makanan Jepang belum begitu familiar di Semarang, sehingga muncul konsep percampuran antara menu lokal dengan penyajian ala Jepang.

Restoran Padang Plus (Tribunnews)
Restoran Padang Plus (Tribunnews)

Selain penyajian dengan conveyor, yang membuat restoran ini semakin terlihat jepang adalah tersedia menu paket bento. Bento merupakan sajian makanan dengan kotak bekal ala Jepang. Di paket bento, menu yang disajikan tetap masakan Padang, tetapi menggunakan kotak bento.

Untuk menu makanan, tersedia sebanyak 50 jenis menu. Selain menu-menu umum seperti ayam bakar, rendang, dan gulai tunjang terdapat juga menu khas Padang Plus, seperti sate ayam padang, di mana umumnya sate padang menggunakan daging sapi. Ada juga olahan rendang seperti bakso rendang dan martabak rendang.

Tertarik mengunjungi restoran Padang unik ini? (tom)