Traveling ala mahasiswa(hayo.co)

Traveling sudah menjadi idaman banyak orang. Jalan-jalan ke suatu tempat yang tidak pernah kamu kunjungi bisa membuatmu merasakan sensasi tersendiri saat traveling. Tapi tak semua orang bisa melakukan traveling. Selain masalah waktu, kendala utama orang tidak melakukan traveling adalah masalah biaya yang tidak mencukupi. Biaya yang dikeluarkan untuk traveling tidaklah sedikit, meski kamu melakukan traveling ala backpacker, tetap saja kamu harus mengeluarkan ongkos kendaraan, tempat menginap, serta makanan yang akan kamu santap selama traveling. Tapi sekarang kamu tak perlu khawatir lagi karena selalu ada jalan buat kamu yang ingin traveling dengan budget minim. Kamu bisa mencontoh traveling ala mahasiswa yang pastinya nggak bikin kantong kamu bokek seketika. Yuk langsung cek aja tips pintarnya di bawah ini!

1Cari Kendaraan dari Jauh-jauh Hari

Mencari tiket murah (komando.com)

Mencari kendaraan atau transportasi dadakan pasti akan mengeluarkan biaya yang lebih. Lain halnya jika kamu sudah merencanakan traveling kamu dari jauh-jauh hari. Belilah tiket pesawat, kereta api, atau kapal laut saat sedang ada diskon. Hindari memilih waktu weekend karena sama saja kamu harus merogoh kocek yang dalam. Jika lokasi traveling kamu bisa ditempuh dengan mobil, kamu bisa mengajak teman-temanmu untuk traveling bersama agar bisa patungan menyewa mobil atau kendaraan.

2Ikut Teman Pulang Kampung

Ikut teman pulang kampung (eurail.com)

Dengan ikut teman kamu pulang kampung, otomatis kamu bisa menumpang untuk menginap di rumah keluarganya sehingga menghemat biaya penginapan kamu. Meski menginap gratis di rumah keluarga temanmu, jangan lupa untuk selalu bersikap sopan dan tahu diri kalau kamu sedang menumpang. Kalau bisa, kamu sempatkan untuk membantu membersihkan rumah.

3Homestay atau Couchsurfing

Menginap di rumah penduduk (srilankanexpeditions.lk)

Temanmu tak punya kampung atau kampung temanmu lokasinya jauh di pedalaman sehingga tidak memungkinkan kamu untuk menginap di rumahnya? Tak perlu khawatir JBers! Masih ada cara lain untuk menghemat penginapan dengan homestay atau couchsurfing. Jika kamu tidak traveling sendiri alias traveling dengan teman-teman, tak perlu mencari penginapan seperti hotel, kamu bisa memilih homestay yang jauh lebih murah. Jika tak ingin mengeluarkan biaya penginapan, kamu bisa couchsurfing yang sedang menjadi tren di luar negeri. Couchsurfing adalah menginap di rumah orang lokal tanpa dipungut biaya. Nanti saat orang yang kamu tumpangi menginap sedang traveling ke daerahmu, kamu wajib menjamunya di rumahmu. Bisa dibilang couchsurfing ini semacam barter.

4Perbanyak Jalan Kaki

Perbanyak jalan kaki (picdn.net)

Akomodasi memang menjadi hal yang paling menguras biaya. Bukan saja tiket kendaran pulang-pergi, tapi juga transportasi untuk berpindah dari satu lokasi wisata ke lokasi wisata lainnya. Berhubung kamu masih muda dan sehat sehingga stamina dan fisik kamu masih oke, cobalah untuk lebih rajin berjalan kaki jika jarak yang ditempuh tidak terlalu jauh. Siapa tahu kamu akan menemukan tempat wisata menarik yang tidak ada dalam daftar wisatamu.

5Mengunjungi Tempat Wisata yang Gratis

Pasih Uwug di Bali (plesiryuk.com)

Tak semua tempat wisata mengenakan tarif untuk para wisatawan loh JBers. Ada beberapa tempat wisata yang gratis alias tak perlu bayar seperti taman, festival, monumen, pantai, dan masih banyak lagi. Tentunya sebelum kamu melakukan traveling, kamu harus searching terlebih dahulu tempat wisata mana saja yang gratis sehingga bisa kamu datangi.

Asalkan ada kemauan, di sini pasti ada jalan kok JBers. Jadi, jangan biarkan niat travelingmu terhambat dengan biaya ya! (jow)