Untuk para penggemar karakter Robin, pasti sangat menantikan karakter ini muncul dalam film solonya sendiri. Jika belum berhasil memiliki filmnya sendiri, setidaknya mereka berharap bakal ada Robin mendampingi Batman. Sayangnya, harapan mereka itu belum terkabul, karena seperti yang kamu lihat, sosok Robin tidak muncul dalam “Batman v Superman: Dawn of Justice” yang rilis beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, dalam film “The Dark Knight Rises”, sempat muncul aktor bernama Joseph Gordon-Levitt, yang diketahui di akhir film kalau dia nantinya akan berperan sebagai Robin. Sayangnya, sang sutradara Christopher Nolan menolak untuk membuat film keempat, dan memutuskan untuk menjadikannya trilogi, plus menguburkan harapan fans untuk melihat Gordon-Levitt dalam balutan kostum Robin.

Joseph Gordon-Levitt (Collider)
Joseph Gordon-Levitt (Collider)

Lalu, kenapa Robin tidak dimunculkan dalam film Batman versi Ben Affleck? Ada beberapa dugaan yang menjadi alasannya. Alasan pertama adalah seperti yang digambarkan dalam film “Batman v Superman”. Film tersebut menceritakan bahwa Robin telah meninggal karena ulah Joker (atau Harley Quinn, masih belum jelas). Namun kematiannya masih belum bisa dipastikan. Bisa jadi Robin bakal muncul di film solo Batman nantinya.

Alasan kedua, yang paling penting, adalah kebingungan sang pembuat film mengenai Robin versi mana yang bakal dimunculkan. Jika kamu memang penggemar DC, kamu pasti tahu kalau kostum Robin tidak digunakan oleh satu orang saja, melainkan ada beberapa orang.

Katakanlah jika memakai Robin versi Jason Todd, lantas bagaimana cara menjelaskan kematiannya dalam “Batman v Superman”? Beda soal jika kematiannya diceritakan menggunakan flashback.

Bagaimana jika mereka bisa memakai Robin versi Dick Grayson, karena dialah Robin yang original? Hal tersebut rasanya sulit, mengingat dalam film “Batman v Superman” Bruce Wayne sang Batman digambarkan sudah berusia akhir 40-an, yang mana berarti si Dick Grayson bukanlah sebagai remaja lagi, melainkan sudah dewasa. Dalam komik, Robin kala beranjak dewasa memakai identitas baru bernama Nightwing.

Nightwing (Moviepilot)
Nightwing (Moviepilot)

Ada juga Robin ketiga, Tim Drake. Namun jika langsung meloncat ke Drake tanpa mengetahui asal usul Todd atau Grayson, pastilah terasa janggal bagi para fans. Ada pula Damian Wayne, Robin yang merupakan anak Bruce dan juga Talia Al Ghul. Namun kaitan antara Bruce Wayne dengan Talia Al Ghul masih belum diceritakan dalam “Batman v Superman”, sehingga kembali bisa menimbulkan kebingungan.

Karena alasan tersebut, Zack Snyder sang sutradara “Batman v Superman” masih belum mau ambil pusing terkait karakter Robin, dan memilih untuk fokus ke “Justice League”. Semoga saja Robin bisa muncul dalam film-film DC, untuk memuaskan dahaga para fans. (tom)