Sejak awal tahun 2011 silam, foto yang dibuat oleh cewek asal Jepang, Natsumi Hayashi mulai menarik perhatian orang-orang. Melalui websitenya, yowayowacamera.com, cewek kelahiran Saitama, Jepang, tahun 1982 silam menampilkan foto dirinya dalam posisi seolah-olah melayang dalam seri Today’s Levitation.

Dengan fokus latar belakang kegiatan orang-orang yang ia temui sehari-hari, Natsumi Hayashi mengambil foto di mana-mana. Mulai dari stasiun kereta, lapangan terbuka, trotoar jalan, sampai supermarket. Hal tersebut ia lakukan karena proyek Today’s Levitaion merupakan sebuah diari dari perjalanan Natsumi. Jadi, tempat-tempat yang umum ia lalui menjadi setting tempat yang dijadikan sebagai objek fotonya.

Walaupun punya konsep yang sederhana, namun proses pengerjaannya tidak gampang seperti kelihatannya. Hal ini dikarenakan Natsumi sama sekali tak menggunakan olah digital seperti Photoshop untuk membuat dirinya seolah-olah melayang. Untuk mendapatkan hasil yang sempurna, ia tak segan untuk mencoba loncat hingga ratusan kali.

“Dalam beberapa foto, saya tak pernah berhenti untuk loncat untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Bagian terberat adalah untuk mendapatkan timing yang sempurna saat kamera merekam loncatan saya. Makanya, untuk satu buah foto, biasanya saya bisa loncat hingga 200 atau 300 kali,” jelasnya seperti dikutip dari NYTimes, Kamis (1/12/2016).

Dari ratusan foto yang ia hasilkan itu, Natsumi Hayashi hanya memamerkan satu foto saja di dalam blognya. Karena proyek yang ia jalankan adalah sebuah diari atau buku harian, maka fokus yang ia ingin ceritakan dalam fotonya tak cuma foto ia melayang saja, melainkan momen-momen penting yang terjadi pada dirinya dan juga orang-orang dan tempat yang sering ia lewati. Makanya, setiap foto ia beri judul sesuai dengan tanggal dan hari ia mengambil gambar tersebut.

Di balik konsepnya yang unik, ternyata Natsumi punya tujuan tertentu dalam menampilkan foto melayangnya. Bentuk perlawanan Natsumi dengan aturan yang ada jadi penyebab utama seri Today’s Levitation ini muncul.

“Saya ingin menjadi orang yang tulus. Saat kaki saya nggak menyentuh tanah dan nggak tertarik oleh gravitasi, saya merasa jika saya bebas dari segala kewajiban dan hidup tanpa terikat aturan. Jelas bahwa apa yang saya rasakan nggak nyata, tapi dengan membuat foto ini saya dan orang lain bisa merasakan kebebasan itu” papar cewek lulusan College of Arts di Saint Paul University, Tokyo.

Berikut ini foto-foto Natsumi. (tom)