Baru-baru ini publik dihebohkan dengan Sally Andrews, seorang wanita asal New South Wales, Australia yang menulis lagu berjudul “Presiden Soekarno”. Lewat lagu itu, Sally mengungkapkan kekagumannya pada bapak proklamator Indonesia.

Lewat lirik yang ditulis Sally Andrews, lagu yang dibuat hanya dalam waktu sepekan tersebut mengajak anak muda agar tidak sekadar nasionalis, tapi terus berjuang lewat menimba ilmu setinggi-tingginya.

Lagu tersebut kemudian mengantarkan Sally meraih penghargaan dari ajang National Australia Indonesia Language Awards (NAILA) 2016. Kompetisi tahunan yang diikuti oleh para pelajar itu bertujuan memberi penghargaan bagi mereka yang sedang belajar dan ikut membantu pengembangan pengajaran bahasa Indonesia di Australia.

Sally Andrews (ABC News)
Sally Andrews (ABC News)

Menurut Sally, kisah Sukarno sangat menarik dan penting. Sally menggambarkan Sukarno sebagai sosok yang cerdas, pandai berbicara, dan murah hati. Melalui lagu yang ditulisnya itu, ia mengajak anak muda untuk terus belajar demi meraih cita-cita.

Sally telah mempelajari Bahasa Indonesia selama empat tahun. Ia merupakan mahasiswa tingkat akhir dari jurusan hukum di University of Sydney. Selain itu, ia tercatat sebagai salah seorang mahasiswi di Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. Kemampuan bahasa Indonesia ini pun sudah memberikannya kesempatan mendapat beasiswa New Colombo Plan.

“[Saya] mengadakan perjalanan ke Flores, Maluku, Sulawesi, dan melalui Jawa… bertemu teman-teman banyak dari semua bagian kepulauan, dan bahkan mendapat pekerjaan sebagai penerjemah untuk sebuah firma hukum di Sydney,” ujar Sally seperti dikutip dari Australiaplus, Kamis (1/12/2016).

“Saya berharap orang Australia bisa mendapatkan pengetahuan lebih baik [soal] negara Indonesia dan mulai melihat melampaui [lebih dari sekedar] pantai Kuta dan terorisme,” lanjutnya.

Tak hanya sukses meraih penghargaan, video lagu “Presiden Soekarno” pun menjadi viral di situs YouTube.

Berikut ini video dari lagu “Presiden Soekarno”.

(tom)