VIDEO: Pedagang Korea Pintar Bahasa Jawa Jadi Berita


Buat kamu yang orang Jawa, mesti berbangga hati. Pasalnya bahasa Jawa selain menjadi salah satu bahasa dengan penutur terbanyak di dunia, kini bahasa Jawa semakin go international. Dalam video satu ini contohnya, seorang pedagang wanita Korea berkebangsaan Vietnam ini dengan fasih berbincang dalam bahasa Jawa.

Video yang diunggah pada Minggu, 4 Desember kemarin oleh akun Facebook Muhammad Ali PSHT Mbhilong ini merekam aksi seorang warga negara Indonesia yang berbincang dalam bahasa Jawa dengan warga negara Korea di pasar. Pengunggah sendiri memang tengah bekerja di negeri ginseng, tampaknya percakapan ini dilakukan di pasar tradisional Daegu, Busan. Dalam video tersebut, si pedagang wanita menyebutkan harga barang belanjaan dalam nominal Jawa.

Video ini lantas menjadi viral dan mendapatkan 3400 likes serta telah ditonton sebanyak 364 ribu kali di Facebook. Si pengunggah video sendiri mengaku tertawa terpingkal-pingkal ketika tahu pedagang Korea satu ini fasih berbicara bahasa Jawa.

Mungkin pedagang Korea ini sering menemui pembeli yang merupakan pekerja Indonesia dan kebetulan orang Jawa. Bisa jadi, pedagang wanita ini diajari oleh pembeli-pembelinya berbahasa Jawa. Tak heran apabila pedagang wanita ini jadi fasih berbahasa Jawa.

Korea Selatan memang menjadi salah satu negara tujuan bekerja utama pekerja Indonesia. Tak heran apabila banyaknya pekerja Indonesia yang berinteraksi dengan warga Korea membuat warga Korea memiliki kemampuan berbahasa Jawa.

Mendengar logat Jawa orang Korea dalam video yang fasih ini, sebagai orang Indonesia kita harusnya cukup bangga salah satu bahasa negara kita Go International. Oleh sebab itu, mari kita populerkan bahasa lokal kita agar lebih dikenal oleh bangsa lain.

Berikut ini videonya.

https://www.youtube.com/watch?v=IpglGOtcetM

(tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
10
Love
OMG OMG
100
OMG
Yaelah Yaelah
30
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
50
Ngakak