5 Musisi Legendaris Paling Berpengaruh Sedunia

Dunia musik tak henti-hentinya melahirkan bintang baru yang berbakat dan miliki karir cemerlang, dari band seperti Coldplay, hingga solois seperti Taylor Swift. Namun kesuksesan mereka kini secara langsung atau tidak dipengaruhi oleh musisi-musisi legendaris yang menjadi ikon di masanya. Para legenda ini bisa dibilang sebagai perintis dan pelopor perkembangan dunia musik pada zamannya masing-masing. Dilansir jadiBerita dari berbagai sumber, berikut adalah 5 musisi legendaris paling berpengaruh di dunia.

Kurt Cobain

Kurt Cobain (Loudwire)
Kurt Cobain (Loudwire)

Kiprah Kurt Cobain bersama Nirvana dinilai paling fenomenal berkat kekuatan lagu yang diciptakannya. Selain itu, Nirvana juga merupakan band yang mempopulerkan aliran Grunge. Kurt bersama Dave Grohl dan Krist Novoselic merupakan trio yang akan selalu menjadi pahlawan bagi para penggemar Nirvana di seluruh dunia. Beberapa lagunya sampai kini masih sering terdengar, seperti “Smells Like Teen Spirit” dan “Heart Shaped Box”. Kematian Kurt Cobain begitu mengejutkan semua orang karena ia pergi justru di saat Nirvana tengah banyak digandrungi pecinta musik.

Freddie Mercury

Freddie Mercury (Ultimateclassicrock)
Freddie Mercury (Ultimateclassicrock)

Freddie Mercury, yang merupakan vokalis band Queen, juga pantas menyandang gelar legendaris.  Pasalnya, pria berdarah India ini memiliki musikalitas yang sangat memukau. Simak saja lagu-lagu Queen yang memiliki lirik dan aransemen yang unik, dan sangat khas. Sebagai vokalis, Freddie memiliki gaya panggung yang menjadi inspirasi band-band baru saat ini. Pria yang memiliki range vokal yang luas ini menulis hits-hits abadi Queen seperti “Bohemian Rhapsody”, “Killer Queen”, “Don’t Stop Me Now”, dan masih banyak lagi. Empat belas album menjadi saksi kontribusi nyata Freddie terhadap Queen dan industri musik.

John Lennon

John Lennon (Billboard)
John Lennon (Billboard)

Kontribusi besarnya dalam membangun The Beatles menjadikan band ini menjadi paling berpengaruh versi majalah Times. Kiprah dan kesukesan mereka sebagai musisi juga dapat dilihat dari banyaknya fans yang loyal terhadap mereka. Salah satu lagu paling memorable dari John Lennon yakni “Imagine”, yang terinspirasi dari segala kekacauan yang terjadi di era 60-an silam. Suasana kehilangan begitu terasa saat John meninggal karena kasus penembakan pada 8 Desember 1980.

Jimi Hendrix

Jimi Hendrix (Pinterest)
Jimi Hendrix (Pinterest)

Musisi beraliran blues ini terkenal karena skill bermain gitarnya yang berkarakter. Dia adalah Jimi Hendrix sang dewa gitar, yang juga memiliki kemampuan vokal yang bagus dan soulful. Beberapa karya Jimi yang inspirasional diantaranya “Once I Had A Woman” dan “Voodoo Child”. Gitaris kelahiran Washington, Amerika Serikat ini memiliki visi bermain yang bagus dan berbeda. Oleh karenanya, ia jadi pahlawan musik blues di Amerika Serikat, Inggris, dan seluruh dunia. Bahkan tak sedikit juga gitaris dunia yang menjadikannya sebagai panutan dalam bermusik.

Bob Marley

Bob Marley (Mitrofm)
Bob Marley (Mitrofm)

Bicara musik reggae, nama yang ada di benak kita pastilah nama Bob Marley. Bagaimana tidak, sosok Bob Marley begitu piawai menyuarakan suara-suara kedamaian. Reggae tak hanya menjadi musik baginya, namun juga keyakinan dan gaya hidup atau dikenal dengan sebutan rastafara. Pemikiran-pemikirannya yang apa adanya membuatnya selalu dibanggakan hingga saat ini. Lagu berjudul “No Woman No Cry”, “Stir It Up”, “Is This Love”, dan “One Love” menjadi deretan lagu paling ngehits yang pernah dibawakan Bob. Bob Marley juga menyabet beberapa penghargaan seperti Medali Perdamaian dari PBB, masuk dalam Rock and Roll Hall of Fame, dan lagu “One Love” yang menjadi lagu milenium ini dari BBC Radio. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Pelajar SMP Temukan Mikroskop Portabel Terintegrasi Smartphone

Wow, Pria Ini Temukan Lele Raksasa Berbobot 50 Kg