Ternyata Begini Penampakan Sinyal Wi-Fi


Saat ini, tak susah menemukan tempat yang menyediakan fasilitas Wi-Fi. Sinyal Wi-Fi hampir selalu ada di setiap lokasi strategis. Karena sifatnya yang berupa gelombang sinyal, kita hampir tak bisa mengenali sinyal Wi-Fi secara kasat mata.

Ingin melihat seperti apa rupa sinyal Wi-Fi itu sebenarnya? Jika ya, sekelompok orang di Newcastle University berhasil memotret penampakan sinyal Wi-Fi dengan teknik fotografi.

Penampakan sinyal Wi-Fi (Pocket Lint)
Penampakan sinyal Wi-Fi (Pocket Lint)

Dilansir dari Pocket-Lint, Jumat (9/12/2016), proyek yang dinamakan Touch Research Project ini menggunakan sensor pintar dan kamera buat menangkap sinyal Wi-Fi yang ada. Mereka menggunakan teknik fotografi Long Exposure dengan sensor RSSI untuk melihat seperti apa bentuk dari sinyal Wi-Fi.

Karya foto yang dihasilkan sendiri diberi nama dengan Digital Ethereal. Dari foto yang terlihat juga menunjukkan apabila seseorang sedang dikelilingi sinyal Wi-Fi, berarti ia sedang browsing di internet menggunakan jaringan tersebut. Bentuk sinyal Wi-fi sendiri ternyata sangat menarik karena memiliki warna beragam.

Penampakan sinyal Wi-Fi (Pocket Lint)
Penampakan sinyal Wi-Fi (Pocket Lint)

Dari foto yang terlihat, warna-warna dari sinyal Wi-Fi terbagi menjadi dua jenis. Apabila ada sinyal yang terlihat berwarna merah, berarti sinyal Wi-Fi tersebut sedang kuat. Sedangkan apabila sinyal yang terlihat berwarna biru, berarti sinyal Wi-Fi tersebut sedang lemah. Foto-foto ini sendiri diambil di dua tempat, ruang yang tertutup dan terbuka.

Terlihat jelas adanya perbedaan bagaimana sinyal Wi-Fi bergerak dan menyebar keluar. Foto yang dihasilkan di studio menunjukkan bagaimana sinyal dapat dipindahkan oleh interaksi obyek. Sinyal ini terlihat mengelilingi sebuah perangkat seperti sebuah ledakan berwarna-warni yang keren dan menakjubkan. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
40
Love
OMG OMG
30
OMG
Yaelah Yaelah
60
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
50
Keren Nih
Ngakak Ngakak
80
Ngakak