Saat ini, tak susah menemukan tempat yang menyediakan fasilitas Wi-Fi. Sinyal Wi-Fi hampir selalu ada di setiap lokasi strategis. Karena sifatnya yang berupa gelombang sinyal, kita hampir tak bisa mengenali sinyal Wi-Fi secara kasat mata.

Ingin melihat seperti apa rupa sinyal Wi-Fi itu sebenarnya? Jika ya, sekelompok orang di Newcastle University berhasil memotret penampakan sinyal Wi-Fi dengan teknik fotografi.

Penampakan sinyal Wi-Fi (Pocket Lint)
Penampakan sinyal Wi-Fi (Pocket Lint)

Dilansir dari Pocket-Lint, Jumat (9/12/2016), proyek yang dinamakan Touch Research Project ini menggunakan sensor pintar dan kamera buat menangkap sinyal Wi-Fi yang ada. Mereka menggunakan teknik fotografi Long Exposure dengan sensor RSSI untuk melihat seperti apa bentuk dari sinyal Wi-Fi.

Karya foto yang dihasilkan sendiri diberi nama dengan Digital Ethereal. Dari foto yang terlihat juga menunjukkan apabila seseorang sedang dikelilingi sinyal Wi-Fi, berarti ia sedang browsing di internet menggunakan jaringan tersebut. Bentuk sinyal Wi-fi sendiri ternyata sangat menarik karena memiliki warna beragam.

Penampakan sinyal Wi-Fi (Pocket Lint)
Penampakan sinyal Wi-Fi (Pocket Lint)

Dari foto yang terlihat, warna-warna dari sinyal Wi-Fi terbagi menjadi dua jenis. Apabila ada sinyal yang terlihat berwarna merah, berarti sinyal Wi-Fi tersebut sedang kuat. Sedangkan apabila sinyal yang terlihat berwarna biru, berarti sinyal Wi-Fi tersebut sedang lemah. Foto-foto ini sendiri diambil di dua tempat, ruang yang tertutup dan terbuka.

Terlihat jelas adanya perbedaan bagaimana sinyal Wi-Fi bergerak dan menyebar keluar. Foto yang dihasilkan di studio menunjukkan bagaimana sinyal dapat dipindahkan oleh interaksi obyek. Sinyal ini terlihat mengelilingi sebuah perangkat seperti sebuah ledakan berwarna-warni yang keren dan menakjubkan. (tom)