Film superhero sudah banyak dirilis di bioskop Indonesia. Untuk tahun 2016 ini, ada 6 film superhero yang rilis di bioskop. Di antara 6 film tersebut, ada 5 film yang masuk sebagai film superhero terpopuler tahun 2016. Film superhero apa saja? Berikut kelima filmnya, seperti dilansir dari Duniakunet, Rabu (14/12/2016).

1Suicide Squad

Film ini sangat menghibur. Terutama kalau kamu fan DC Comics. Mengingat seluruh anggota skuad belum memiliki versi layar lebar hingga film ini, cukup menyenangkan melihat aksi Harley, Deadshot, Killer Croc, Katana, dan lain-lain. Sayangnya banyak yang berpendapat bahwa film ini cukup mengecewakan. Ada kabar kalau sebenarnya “Suicide Squad” versi awal lebih mendekati nuansa kelam “Batman v Superman”, namun diedit hingga menjadi lebih komedi setelah respons terhadap “Batman v Superman” mengecewakan. Bila itu benar, maka proses revisi ini justru membuat filmnya terasa berantakan.

2Deadpool

Film “Deadpool” sukses menyajikan karakter Wade Wilson seperti di komiknya, setelah sebelumnya 20th Century Fox menyajikan versi ‘cool’ di film “X-Men Origins: Wolverine”. Tokoh seperti Colossus pun tersaji dengan lebih akurat dibanding di film “X-Men” terdahulu. Namun dari segi plot film ini terasa generik. Sebagai musuh, Ajax terasa terlalu biasa dan kurang mengancam. Meski demikian, film ini tergolong sukses.

3Batman v Superman: Dawn of Justice

Mengesampingkan satu-dua pembunuhan yang ia lakukan, Batman versi Ben Affleck sebenarnya adalah Batman pertama yang benar-benar terasa menakutkan bagi kriminal yang ia hadapi. Dengan penampilan singkatnya, Gal Gadot pun menyingkirkan keraguan fan tentang pantas tidak dia menjadi Wonder Woman. Henry Cavill juga masih menyajikan Superman dengan baik.

4Doctor Strange

“Doctor Strange” membawa penonton memasuki alam mistis Marvel Cinematic Universe, yang benar-benar baru dijelajahi sekarang. Dari segi visual, “Doctor Strange” merupakan yang terbaik dari film Marvel. Mulai dari Khamar-Taj di dunia manusia hingga Dark Dimension, semua tersaji dengan apik dan menarik. Kisah film ini mungkin biasa saja, dan musuh utamanya pun kurang berkesan. Namun “Doctor Strange” tetap sukses menyajikan film yang solid, menggigit, dengan perpaduan antara humor dan unsur-unsur yang lebih kelam dari film Marvel biasanya.

5Captain America: Civil War

“Captain America: Civil War” sebenarnya masih memiliki sejumlah kelemahan. Yang paling menonjol, dari segi visual sebenarnya film ini yang terasa paling hambar. Meski begitu, dari banyak sisi lain, “Civil War” superior dibanding saingan mereka. Plotnya terstruktur rapi dan tak pernah sekalipun lupa kalau ini adalah filmnya Captain America. Iron Man dan kawan-kawan memang ada, namun mereka ditempatkan dengan pas hingga posisi protagonis tetap jelas. Tak hanya itu, walau berbeda dari komiknya, Zemo di sini disajikan dengan apik. Ia otomatis menjadi salah satu antagonis paling berkesan dari deretan film Marvel sejauh ini. Jangan lupakan juga debut Spider-Man versi Tom Holland serta Black Panther. Mereka tampil dengan sangat pas. (tom)