Kreatifitas orang Indonesia memang tak pernah ada batasnya. Selalu saja ditemukan hal-hal unik dan baru yang tentunya dapat membuat orang-orang terkagum-kagum. Salah satunya seorang pria asal Malang, Jawa Timur ini yang mengembangkan kreatifitas lewat barang-barang rongsokan.

Dialah Sumarsono. Bakat istimewanya mengkreasikan barang-barang tak berguna menjadi karya istimewa. Pria yang akrab Ono Gaf ini sudah berpuluh tahun mendedikasikan hidupnya untuk membuat karya spektakulier yakni patung berbahan dasar rongsokan besi dan baja, alat-alat kendaraan seperti gear, shock breaker, rotor dan barang-barang yang sudah tidak terpakai lainnya. Luar biasa bukan?

Kakek 69 tahun ini membuat banyak sekali patung dan kreasi dari susunan barang-barang bekas hingga jadi berita di internasional. Melansir dari Otosia, salah satu karyanya yakni kura-kura metal dan harimau sampai diekspos di banyak negara salah satunya adalah Australia saat Ono Gaf terekspos sampai Perth.

Tak hanya itu saja, karya-karyanya bahkan telah ‘hinggap’ ke 25 negara. Kolektor dari Johannesburg dan Rio de Janiero pun kerap membeli patung-patung pak Ono. Beberapa karyanya sudah dihargai hingga puluhan milyar rupiah! Keren kan?

Saat ini ia punya galeri yang berada jalan Semeru kota Malang. Jika kamu berkunjung jangan heran jika melihat penampilan kakek nyentrik ini. Yup layaknya seorang seniman, penampilannya Ono memang nyeleneh.

Penasaran dengan karya-karya sang man of steel ini? JadiBerita telah mengumpulkan potretnya yang diambil dari berbagai sumber.