Saat menyiapakan acara traveling anda merasa sudah membawa semua yang dibutuhkan. Tetapi yakinkah anda itu sudah cukup? ayo periksa lagi barang bawaan anda. Pastikan barang barang di bawah ini ikut dibawa.

1. Segala macam alat elektronik/gadget

Gadget telah menjadi kebutuhan pokok di zaman sekarang. Sedang berjemur di pantai kuta sambil men-follow up kerjaan? Bisa! Tidak mau mati gaya di depan Monas hanya karena kamera full memory dan anda lupa membawa kabel data bukan? pesawat delay hingga 2 jam? tidak masalah selama anda membawa iPhone dan headset munggil yang menemani anda mendegarkan musik favorit

2. Medical Kit

Tidak ada salahnya membawa sedikit obat-obatan, balsem, antimo, minyak angin maupun handyplast di koper anda untuk berjaga jaga. Jika anda pengidap sakit maag, bawa beberapa obat dalam tas kecil kemana pun anda pergi. Lebih baik mencegah dari pada mengobati tentunya. Minumlah juga beberapa vitamin dan suplemen agar tetap fit.

3. Buku/Notepad Kecil

Traveling pastinya memberikan banyak cerita menarik. Tulislah pengalaman anda tersebut sebelum tidur, atau ketika sedang santai maupun on the spot agar anda lebih dapat menuangkannya secara detail. Ini tidak hanya untuk kenang- kenangan atau dokumen anda pribadi, tetapi tentunya akan menyenangkan jika dapat dibagi untuk orang lain serta menginspirasi teman teman lainnya seperti yang saya lakukan di website ini dan syukur syukur jika saya menang :D. Jika tidak membawa buku, manfaatkan ipad atau blackberry anda sebagai notepad.

4. Botol Air Minum

Tidak peduli apakah itu botol air mineral ataupun botol air minum yang anda bawa dari rumah, ini adalah item yang WAJIB banget untuk dibawa. Asupan air minum yang sehat dan cukup sangat dibutuhkan tubuh agar tetap fit dan tidak dehidrasi. Jika anda melancong ke negara dimana air minum dapat diminum langsung dari kran (tap water) contohnya Australia, maka manfaatkan hal ini.

Anda dapat membeli botol air mineral dan kemudian mengisinya di kamar mandi, taman atau dimana saja. Air minum ini terjamin kebersihannya. Keuntungan membawa sendiri botol air minum adalah karena di beberapa daerah wisata di dalamnya tidak menjual air minum. Selain itu, harga air mineral di negara lain sama atau malah lebih mahal dari minuman lainnya. Contohnya di Singapura harga air minum mineral ukuran kecil harganya S$1 sama dengan 1 kaleng minuman soft drink. Mendingan beli soft drink donk! Bagaimana kalau di Indonesia? Carilah warung atau hotel tempat yang menginap yang mengizinkan anda refill air minum.

5. Makanan

Makanan yang dapat dibawa antara lain makanan ringan maupun masakan rumah dalam box. Berguna banget untuk budget traveller. Bagi yang bepergian keluar negeri, seringkali anda rindu dengan masakan indonesia, tidak cocok dengan cita rasa lokal daerah yang dituju atau kesulitan mencari makanan yang halal. Untuk mengatasi hal tersebut, bawalah beberapa item seperti sambal sachet, kecap asin atau manis ukuran kecil, mi instan maupun kerupuk udang kesukaan anda. Disarankan jangan bawa yang terlalu mencolok seperti durian, pete dan jengkol. (jow)