Mengenal Papermoon Puppet, Teater Boneka Asal Yogyakarta yang Mendunia

Masih ingat adegan Rangga dan Cinta di film Ada Apa Dengan Cinta 2 saat keduanya menonton sebuah teater boneka? Adalah Papermoon Puppet Theater, sebuah kelompok teater boneka dari Yogyakarta yang tampil memukau dalam film AADC 2 tersebut.

loading...

Baru-baru ini, teater boneka yang membisu ini telah membanggakan Indonesia. Teater yang diprakarsai oleh Maria Tri Sulistiyani dan Iwan Effendi ini telah berhasil berjaya di Malaysia, Korea, India, Jepang, Amerika Serikat, Inggris, Thailand, dan Australia.

papermoonpuppet.com

Kisah-kisah yang disajikan Papermoon Puppet Theater ini sangat kuat dengan kisah yang selalu orisinil dan personal secara jujur, indah, dan cerdas menghasilkan karakter boneka yang seolah-olah hidup. Hal ini tentunya melalui berbagai riset yang mendalam.

Melansir dari GoodNews From Indonesia, teater ini bermula dari kegelisahan Maria Tri Sulistiyani melihat dunia pendidikan dan seni di Indonesia terutama pada anak-anak yang diajarkan untuk meniru, bukannya berani bereksperiman dengan mencoba hal-hal baru. Lantas ia pun mendirikan Papermoon, sebuah sanggar anak-anak dengan sebuah perpusatakaan kecil yang terkadang membawakan pertunjukan boneka tahun 2006.

Dua tahun berselang, tepatnya pada tahun 2008, Papermoon pun berubah format menjadi teater boneka yang memadukan dunia seni rupa dan seni pertunjukkan. Dari sinilah asal mula Papermoon Puppet Theatre lahir. Kini, segmentasi usia pun tak hanya untuk anak-anak, melainkan untuk semua umur.

Pentas pertama yang ditujukan untuk kalangan dewasa 18+ pun digelar tahun 2008. Berjudul Noda Lelaki di Dada Mona, menceritakan tentang seorang gadis bernama Mona pemilik laundry baju yang jatuh cinta pada pelanggannya. Mona merupakan seorang yatim piatu yang diasuh oleh pensiunan tentara pada masa 30 September 1965.

Sementara itu, salah satu karya terbesar dari Teater Boneka Papermoon berjudul MWATHIRIKA. Setiap penampilannya selalu sukses membuat penonton tIndonesia maupun di luar negeri terhibur. Hal ini terbukti dari penjualan tiket yang selalu habis dalam setiap pertunjukkan.

Nah, buat kamu yang pengen berkunjung boleh banget datang ke Jalan Langensuryo KT II, No.176 Kota Yogyakarta. Tiket pertunjukan hanya 75ribu rupiah saja.

loading...