Peran generasi muda sangat diperlukan dalam memajukan dan mengembangkan budaya yang dimiliki Indonesia. Salah satunya melalui kompetisi untuk menyaring bakat-bakat penyiden muda melalui Sinden Idol.

Ajang kompetisi sinden yang sudah ketiga kalinya digelar Unnes itu diikuti peserta dari berbagai wilayah di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Menariknya, dalam ajang ini para peserta tidak hanya harus menyinden, tapi para juri akan mengajak mereka berinteraksi seperti memberikan pertanyaan terkait aktivitas yang mereka tekuni.

Ketua Panitia Sinden Idol 3 Agus Nuryatin seperti diwartakan Antara, menyampaikan sebanyak 45 sinden mengikuti tahap audisi disaring jadi 10 finalis untuk maju babak final.
Menurut dia, Sinden Idol secara strategis tidak hanya menjadi ajang pencarian sinden yang mumpuni secara keterampilan menyinden, tetapi juga perilaku dan penghayatan nilai budaya Jawa. Keren, ya?

Selain lewat ajang ini, tentu masih banyak sinden muda yang berbakat yang membanggakan Tanah Air. Jasa mereka dalam melestarikan budaya, khususnya sinden, amatlah besar. Bagaimana tidak, di saat anak-anak muda lain berlomba-lomba menghapal lagu luar negeri, mereka dengan bangga mengeluarkan bakat tarik suara mereka lewat sinden.

Seperti lima anak muda berikut ini. Suara emasnya dan penampilannya amat memukau. Yuk lihat.

Lina Rohmiyati

Tamiya Reswari

Uun Febriandari.

Dimas Niken.

Sruti Respati.