Orang bilang, kalau mau go international itu harus pakai bahasa Inggris. Maka dari itu, banyak musisi Indonesia merilis lagu berbahasa Inggris supaya bisa go international. Salah satu yang berhasil go international antara lain adalah Agnes Monica.

Namun, ternyata bahasa Inggris bukan menjadi syarat mutlak untuk bisa mendunia. Pasalnya, ada juga beberapa lagu yang tak menggunakan bahasa Inggris tapi berhasil mendunia. Berikut ini 5 lagu yang tidak berbahasa Inggris tapi sukses mendunia.

1Ritchie Valens – La Bamba

“La Bamba” adalah lagu rakyat Meksiko yang berasal dari negara bagian Veracruz. Lagu ini menjadi dikenal luas setelah dinyanyikan oleh Ritchie Valens pada tahun 1958. “La Bamba” versi Ritchie Valens menjadi salah satu lagu Top 40 di Amerika Serikat, sekaligus menjadi salah satu lagu rock and roll pertama yang paling terkenal.

2Los Del Rio – Macarena

“Macarena” adalah lagu yang dinyanyikan oleh duo populer dari Spanyol yakni Los Del Rio. Lagu ini begitu terkenal di Eropa dan Amerika pada tahun 90an. Walau sebagian lirik lagu ini berbahasa Inggris, sebagian besar liriknya menggunakan bahasa Spanyol.

3Shahrukh Khan & Kajol – Kuch Kuch Hota Hai

Lagu “Kuch Kuch Hota Hai” adalah soundtrack dari film Bollywood dengan judul yang sama. Lagu yang dinyanyikan oleh Shahrukh Khan dan Kajol ini memakai bahasa India dan juga dimainkan dengan gaya musik khas India. Lagu yang booming bersama dengan filmnya ini tentu adalah sebuah kebanggaan bagi bangsa India.

4Harlem Yu – Qing Fei De Yi

Masih dari awal 2000-an, lagu “Qing Fei De Yi” yang menjadi soundtrack serial drama mandarin “Meteor Garden” ini juga sempat booming di seluruh dunia termasuk Indonesia. Walau berbahasa Mandarin, lagu ini tetap memikat bagi setiap orang karena nada dan iringan instrumennya yang begitu manis dan romantis.

5PSY – Gangnam Style

Komedian sekaligus musisi asal Korea Selatan yakni PSY menciptakan fenomena baru pada tahun 2012. Lagu yang enak dan energik berpadu dengan gaya tarian yang khas menjadi formula jitu yang membuat lagu “Gangnam Style” begitu populer dan menjadi lagu yang paling banyak didengar di dunia maya, meskipun lagunya sendiri berbahasa Korea. (tom)