BBQ Party (tqn.com)

Tahun baru 2017 tinggal menghitung hari lagi nih JBers. Kamu sudah ada acara pergi ke mana? Jika belum ada, kamu bisa membuat acara BBQ atau yang lebih dikenal di Indonesia dengan nama bakar-bakaran. Acara BBQ ini memang sangat kental dan identik dengan perayaan tahun baru. Tak hanya di Indonesia, tapi di semua negara, acara BBQ  tak pernah absen dari tahun baru karena tujuan acara ini adalah untuk mengakrabkan keluarga, teman, juga pacar. Acara BBQ biasanya di adakan di luar rumah sambil melihat pesta kembang api dan menunggu datangnya pergantian tahun pada pukul 00.00 yang semarak. Agar acara BBQ lebih seru, kamu bisa mencoba lima ide seru di bawah ini. Jangan lupa dicatat ya!

1Buat Konsep yang Unik

Tema Pantai (projectnursery.com)

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat membuat acara BBQ adalah menentukan konsep acara. Meski terdengar sederhana, konsep sangat penting bagi kemeriahan acara. Buatlah konsep acara yang unik. Tak harus fancy, kamu cukup menentukan tema BBQ kamu kali ini agar orang yang datang terkesan dengan acara kamu. Misalnya, kamu mengadakan BBQ dengan tema pantai sehingga semua dekorasi serta kostum yang digunakan semuanya bertema pantai, atau kamu ingin membuat tema anak gunung, kamu bisa mendirikan tenda agar suasana kemah lebih terasa. Dengan konsep yang unik ini, kamu bisa membuat orang yang datang ke acaramu menantikan acara tahun baru berikutnya.

2Bikin Game Seru

Bermain Jenga (twimg.com)

Untuk menghindari awkward alias garing, bikin game seru yang bisa memeriahkan acara BBQmu. Kamu bisa menyediakan board game yang bisa dimainkan lebih dari dua orang seperti ular tangga, monopoli, jenga, hingga twister yang paling seru untuk dilakukan secara berkelompok. Game bisa membuat acara BBQ kamu jadi lebih hangat dan akrab karena orang-orang yang datang bisa berinteraksi tanpa harus bingung ingin membicarakan topik ngobrol tentang apa. Agar lebih seru lagi, berikan hadiah untuk pemenang serta hukuman bagi pemain yang kalah.

3Sediakan Musik Biar Gak Sepi

Pasang Musik (toryburch.com)

Agar suasana lebih seru lagi, jangan lupa untuk menyalakan musik agar acara BBQmu lebih ramai. Kalau bisa ada satu orang yang khusus memutarkan lagu request. Jika halaman rumahmu lebih luas dan jarak antara tetanggamu jauh, kamu bisa mengadakan acara karaokean atau menjadikan sesi memutar musik ini menjadi salah satu game tebak lagu yang bisa memeriahkan suasana. Pilih lagu-lagu yang bisa membangkitkan suasana dan jangan memilih lagu-lagu yang mellow ya karena akan membuat suasana tambah sendu.

4Lampu Hias, Terompet, dan Kembang Api

Lampu Kerlap Kerlip (decorreport.com)

Lampu hias, terompet, dan kembang api tak boleh terlewatkan saat tahun baru. Berhubung acara BBQ tahun baru ini diadakan malam hari, tentunya kamu harus membangun suasana yang meriah dengan memasang lampu hias warna-warni sesuai dengan tema acara kamu. Selain lampu hias, jangan lupa untuk menyediakan terompet yang serta kembang api untuk countdown. Untuk terompet, kamu bisa membuatnya sendiri agar suaranya berbeda dari yang lain. Sudah banyak kok video tutorial membuat terompet di youtube.

5Menu Makanan Tak Biasa

Ayam Bakar Istimewa (cdn.co)

Menu BBQ sudah pasti menu yang bisa dibakar-bakar seperti ayam bakar, ikan bakar, hingga jagung bakar. Jika kamu biasanya membuat ayam bakar bumbu kuning atau ayam bakar kecap biasa, buatlah ayam bakar asam manis atau ayam bakar bumbu rujak. Kamu bisa meminta bantuan ibumu untuk membuatkan bumbu ayam bakar tersebut atau searching terlebih dahulu di youtube. Selain menu makanan utama, jangan lupa untuk menyediakan camilan yang beragam serta minuman yang tak biasa. Seperti jika biasanya kamu menyediakan minuman soda, buatlah varian punch dengan perpaduan soda, sirup, serta susu layaknya menu minuman di restoran atau cafe ternama.

Sudah dicatat JBers? Semoga acara BBQ tahun baruan kamu lebih seru ya! (jow)