Memotret Kembang Api (staticflickr.com)

Memotret kembang api saat pergantian tahun baru merupakan momen yang tak boleh terlewatkan. Ada banyak sekali orang yang menentukan spot atau lokasi malam tahun baruan berdasarkan pesta kembang api yang diadakan. Di mana spot yang paling pas untuk melihat kembang api, di situlah orang-orang akan berkumpul. Momen melihat pesta kembang api yang hanya setahun sekali ini memang sangat berharga sehingga harus diabadikan dalam jepretan foto agar bisa terus dikenang. Tapi tentunya memotret kembang api tidaklah sama seperti memotret pemandangan atau makanan. Ada tips dan trik khusus yang digunakan agar hasil cahaya yang dihasilkan kembang api tampak apik dan cantik. Buat kamu yang ingin hasilkan jepretan foto kembang api layaknya fotografer profesional meski menggunakan kamera handphone, JadiBerita akan memberikan tipsnya di bawah ini khusus buat kamu. Yuk lihat!

1Atur Posisi

Atur Posisi (parkplace.com)

Baik itu menggunakan kamera profesional, maupun kamera handphone, kamu tetap harus mengatur dan mengutamakan posisimu saat akan memotret kembang api nanti. Carilah posisi yang paling nyaman dengan sudut yang bagus dan keren. Jika kamu berada di sebuah landmark atau bangunan yang khas, kamu harus memanfaatkan untuk menjadikannya background apik yang akan menunjang keindahan poret kembang apimu. Misalkan saat kamu berada di Monas, maka pastikan Monas ikut masuk dalam jepretan kameramu. Setelah itu, tentukan posisi foto apakah ingin horizontal atau vertikal. Mengambil foto kembang api secara horizontal akan lebih menguntungkan karena background pemandangan di sekitarnya bisa masuk dalam fotomu. Jika objek foto terlalu jauh, langsung cari tempat yang lebih dekat dan jangan sekali-kali menzoom kamera karena akan membuat kualitas gambar pecah.

2Menggunakan Self Timer

Self Timer (cbsistatic.com)

Saat menggunakan kamera handpohone sebaiknya gunakan self timer untuk mengantisipasi gambar yang berbayang atau blur akibat pergerakan tangan atau tubuhmu. Dengan menggunakan self timer, kamu juga bisa menikmati indahnya kembang api sambil mengambil gambar. Selain self timer, kamu juga bisa menggunakan shaking remote yang fungsinya tak jauh berbeda dengan self timer karena bisa menghindari gambar yang berbayang.

3Jangan Gunakan Flash

Jangan Menggunakan Flash (www.wired.com)

Namanya juga malam pergantian tahun baru, sudah pasti dilakukannya malam hari. Tapi jangan mentang-mentang malam hari itu minim cahaya alias gelap lantas kamu menggunakan flash pada kamera handphone. Ingat, jangan sekali-kali menggunakan flash untuk memotret objek yang memancarkan cahaya karena cahaya pada flash akan beradu dengan cahaya pada kembang api sehingga hasil foto tidak akan terlihat bagus karena cahaya yang berbaur. Tak perlu menambahkan penerangan karena cahaya yang dihasilkan kembang api sudah cukup terang kok.

4Mengatur Manual Focus

Mengatur Manual Focus (bestofmicro.com)

Atur kamera handphone kamu jadi manual focus, jangan sekali-kali mengaturnya jadi auto focus karena saat pesta kembang api, ada banyak cahaya dari kembang api yang masuk sehingga kamera akan susah untuk menentukan fokusnya secara otomatis. Kamu harus mengatur fokus kamera handphonemu secara manual ke arah percikan kembang api yang paling indah sampai benar-benar fokus agar hasilnya tidak berbayang.

5Gunakan ISO Rendah

Mengatur ISO (freegreatpicture.com)

Hal lainnya yang harus kamu perhatikan adalah ISO. Kamu bisa menemukannya dalam pengaturan kamera handphone kamu kok. Untuk mengambil foto kembang api, sebaiknya kamu menggunakan ISO rendah 100 atau 200 saja agar noisenya tetap terjaga. Toh, kamu tidak akan tahu pasti arah munculnya kembang api yang bertebaran secara acak di langit. Kamu juga harus menurunkan brightnessmu menjadi low.

Sekarang sudah tahu khan tipsnya untuk mendapatkan foto kembang api yang cantik. Selamat berburu foto kembang api saat tahun baru ya JBers! (jow)