Di penghujung 2016, Tulus semakin tajam menunjukkan taringnya di industri musik. Tak hanya merilis album terbarunya yang berjudul “Monokrom”, Tulus juga baru saja membuat sebuah single untuk solois Andien yang berjudul “Belahan Jiwaku” dalam rangka merayakan Hari Ibu.

Lewat proses pembuatan lagu tentang ibu dan anak tersebut, Tulus mengaku jadi ketagihan ciptakan lagu untuk penyanyi lainnya. “Saya kemarin kan abis nulis lagu buat mbak Andien kan. Ketagihan banget ternyata,” kata Tulus saat dijumpai dalam acara Musteria di kawasan M.H Thamrin, Jakarta Pusat, seperti dikutip dari Okezonecom, Selasa (27/12/2016).

Saat proses pembuatan, Tulus memang tidak terlalu selektif dalam memilih penyanyi yang akan membawakan lagunya. Menurut Tulus, sebuah lagu bisa tak bisa dipaksakan cocok pada semua orang, karena ada hal-hal tertentu yang harus dirasakan.

Tulus (Tren)

“Pasti ada hal-hal tertentu yang enggak bisa dijelasin tapi dirasain. Kalau energinya dapet, rasanya dapet saya seneng banget. Soalnya seru ternyata lagunya dibawain sama orang lain,” tambahnya.

Berkat gebrakan barunya ini, Tulus berharap pada tahun mendatang bisa kembali mendapat kesempatan menuliskan lagu untuk penyanyi lain. Tulus merasakan titik seru di mana lagu ciptaannya dibawakan oleh orang lain.

“Mudah-mudahan tahun depan saya punya kesempatan banyak nulis lagu musikus lain. Karena enak juga ternyata rasanya lagu yang ditulis dinyanyikan sama orang lain,” tutupnya.

Sering menciptakan lagu untuk penyanyi lainnya, apakah Tulus nantinya akan pensiun dari profesi penyanyi? Jawaban dari pertanyaan itu hanya Tulus sendiri yang tahu. (tom)