Aliran musik grindcore dengan ciri teriakan yang “powerful” sepertinya tak hanya didominasi anak muda. Buktinya, nenek 68 tahun ini mampu melakukannya dan menjadi vokalis grup band bergenre grindcore tersebut.

Grindcore sendiri adalah genre musik ekstrim yang muncul pada awal hingga pertengahan 1980-an. Genre ini menarik inspirasi dari beberapa genre seperti hardcore punk, thrash metal, crust punk, industrial and noise rock.

Kembali ke soal si nenek. Seperti dilansir dari Odditycentral, Jumat (30/12/2016), semuanya bermula ketika putranya, Rain Forest, tengah mencari vokalis tamu untuk bandnya, Corrupt Leaders, pada 2014 silam sebagai pengisi suara teriakan.

“Ketika itu kami sedang merekam album, lalu mengundangnya untuk mengisi bagian teriakan (screamer) sebagai vokalis tamu,” ujar Rain. “Saat pertama kali merekam video teriakannya, kami bisa melihat dia punya bakat,” lanjutnya. â??Dan setelah dia melakukan teriakan pertamanya di video, saya bisa melihat ada kemarahan di balik itu,â? tambahnya.

Akhirnya, sang nenek resmi menjadi vokalis band grindcore bernama Grindmother. Video musik mereka untuk lagu berjudul “History Repeats” telah dilihat lebih dari 1,4 juta kali di Facebook, sementara “Any Cost” menjadi hit terbesar mereka YouTube, dengan lebih dari 350 ribu view. Band ini tampaknya memiliki penggemar di seluruh dunia, dan sekarang bersiap-siap untuk tur.

Saat ditanya apa yang memicu kemarahan selama penampilan, Grindmother mengungkapkan bahwa dia marah dengan kondisi dunia saat ini dan ada banyak hal yang salah. Untungnya, grindcore tampaknya menjadi tempat sempurna untuk melepaskan kemarahannya dengan cara yang produktif.

Berikut ini salah satu video dari Grindmother.

(tom)