Bila dua tahun lalu makanan berwarna pelangi menjadi tren, kini makanan dengan warna baru sudah menggesernya. Warna apakah itu?

Warna makanannya adalah warna yang tak terduga, yaitu hitam. Ya, makanan dan minuman berwarna hitam pekat diprediksi akan mendapat banyak sorotan tahun 2017.

Makanan dan minuman berwarna hitam mulai trendi pada pertengahan tahun 2016. Sejumlah menu di restoran mulai menyajikan hidangan berwarna gelap, misalnya saja burger, jus, hingga es krim. Si hitam ini juga menarik jika difoto.

Burger hitam (Thinkstockphotos)

Bukan sembarang hitam, warna hitam tersebut berasal dari arang yang diaktivasi. Arang yang satu ini terbuat dari arang biasa yang sudah dipanaskan gas agar memiliki pori-pori. Pori-pori ini digunakan untuk menyerap zat kimiawi. Itu sebabnya mengapa arang jenis ini punya manfaat sehat.

Arang sejenis sebenarnya sudah lama kita kenal sebagai obat diare atau keracunan. Arang itu punya kemampuan mengikat bahan kimia dan kotoran, lalu membuangnya dari tubuh. Karena itulah arang dianggap sebagai bahan detoks.

Burger hitam (Seputarmakan)

“Arang bekerja dengan mengikat zat yang toksik atau obat-obatan di lambung sebelum sempat diserap tubuh, sehingga memberi efek memompa perut meski tidak benar-benar dipompa,” kata Julie Upton, dokter gizi, seperti dikutip dari Realsimple, Jumat (30/12/2016).

Spesialis nutrisi lainnya, yaitu Dr. Jeffrey Morrison, juga berpendapat serupa. Menurutnya, arang aktif aman untuk dikonsumsi. “Tapi harus digunakan dengan resep dokter, karena jika dipakai tidak tepat bisa membuat pengobatan tidak efektif,” katanya.

Es krim hitam (Elitedaily)

Arang aktif yang dimasukkan dalam makanan biasanya memiliki dosis lebih rendah dibanding dalam obat. Namun jangan berharap efeknya akan dramatis seperti yang diiklankan, misalnya untuk mengobati mabuk alkohol, memutihkan gigi, atau detoksifikasi. Penelitian ilmiah yang membuktikan manfaat arang untuk berbagai gangguan kesehatan juga belum jelas.

Meski begitu, tak ada salahnya mencoba mengonsumsi makanan dan minuman berwarna pekat ini. Batasi konsumsinya tak lebih dari tiga kali dalam sehari. Selain sehat, kamu juga bakal eksis tahun depan. (tom)