Resolusi Tahun Baru (tuttitipi.it)

Setiap akhir tahun baru, selain menyiapkan pesta tahun baru dan pergi jalan-jalan, biasanya apa yang kamu lakukan? Menyiapkan resolusi tahunan adalah hal yang biasa dilakukan saat akhir tahun dan sudah menjadi tren karena setelah kamu menyiapkan resolusi tahunan, biasanya kamu akan menguploadnya ke sosial media untuk ditunjukkan pada teman-teman sekitarmu. Dengan membuat resolusi tahunan, ada banyak manfaatnya untuk hidup kamu setahun ke depan. Resolusi tahunan bisa membuat kamu keep on track dan tidak keluar jalur sehingga hidupmu tak keluar dari jalur. Tapi membuat resolusi tahunan tidaklah segampang kelihatannya karena banyak sekali orang yang sudah membuat resolusi tahunan tapi tidak bisa merealisasikannya atau mewujudkannya. Buat kamu yang resolusi tahunannya sering gagal, coba perhatikan lima tips membuat resolusi tahunan di bawah ini!

1Jangan Jadikan Resolusi Itu Mimpi, Tapi Motivasi

Resolusi jadi Motivasi (advancehappynewyear2017.com)

Ada banyak orang yang salah kaprah tentang resolusi tahunan ini. Resolusi memang bisa berupa impian seseorang yang ingin dicapai di tahun berikutnya, tapi kebanyakan orang menganggap impian tersebut hanyalah mimpi yang tak harus dicapai, bukan menjadikannya sebuah motivasi. Pada awal-awal tahun, biasanya semangatmu masih menggebu-gebu, tapi pada pertengahan hingga akhir tahun, semangatmu melemah dan akhirnya impian tersebut hanya menjadi impian semata yang tak terwujudkan. Seharusnya setelah kamu menetapkan apa impian kamu dalam resolusi tahunan, kamu harus terus memacu semangat untuk mewujudkannya dengan giat. Buatlah target perbulannya secara pelan-pelan agar apa yang kamu lakukan jadi lebih baik.

2Sedikit Resolusi Tapi Fokus

Sedikit Resolution Tapi Fokus(moneysmart.ie)

Banyaknya resolusi tahunan bukanlah jaminan bahwa dirimu akan jadi lebih baik di tahun berikutnya. Terlalu banyak resolusi itu tandanya terlalu banyak berencana dan bisa membuat dirimu tidak akan fokus pada apa yang akan kamu lakukan. Jangan serakah dengan membuat lebih dari sepuluh resolusi. Resolusi tahunan yang lebih sedikit justru membuatmu lebih fokus dan terarah. Jika masih ingin membuat banyak resolusi, bagilah dalam jangka waktu tertentu. Misalnya pada awal tahun semester pertama, resolusi kamu untuk jalan-jalan ke luar negeri. Nanti kalau sudah tercapai, pada tahun semester kedua barulah kamu mewujudkan resolusi untuk membeli kendaraan sendiri. Dengan begitu kamu jadi lebih fokus dalam mengerjakannya khan?

3Yakin Diri Kalau Kamu Akan Menjalankan

Yakin Pada Diri Sendiri (bloggerspassion.com)

Membuat resolusi tahunan terkadang disalah artikan menjadi ajang ingin-inginan. Tak ada salahnya kok mematok impian kamu setinggi langit, tapi kamu juga harus melihat pada dirimu sendiri, apakah sekiranya kamu sanggup melaksanakannya atau tidak? Hal tersebut haruslah menjadi tolak ukur untuk membuat resolusi tahunan. Kalau kamu merasa yakin bisa menjalankannya, maka tidak ada masalah. Jangan sekali-kali ikut-ikutan teman karena kemampuan masing-masing orang tentunya berbeda-beda khan JBers? Misalnya temanmu ada yang punya resolusi tahunan ingin menguasai dua bahasa baru, tak perlu ikut-ikutan, kalau kamu merasa hanya sanggup mempelajari satu bahasa baru dalam satu tahun, maka buatlah resolusi tahunan menguasai satu bahasa baru saja.

4Resolusi Tahunan Bukan Ajang Pamer Impian

Upload Resolusi di Sosial Media (kapital971.com)

Seperti yang sudah dibilang, resolusi tahunan bukanlah ajang pamer impian semata loh JBers. Kebanyakan orang menyebar luaskan resolusi tahunan di sosial media. Hal ini tentunya sah-sah saja, tapi apakah kamu tidak malu jika resolusi tahunanmu tidak tercapai. Resolusi yang tidak tercapai bisa memberi kesan kalau kamu adalah orang yang tidak konsisten dalam menjalani tujuan hidup. Simpanlah resolusi tahunan untuk dirimu sendiri. Kamu boleh memberitahukannya dengan bangga kepada orang lain jika resolusi tersebut sudah tercapai.

5Resolusi Tahunan Bukanlah Catatan Buku Diari

Resolusi Bukan Buku Diary (entelechy.com.ua)

Ingat, resolusi tahunan bukanlah sebuah coretan pena atau catatan buku diari yang kamu akan kamu lakukan selama satu tahun. Resolusi tahunan adalah bekal kamu agar hidupmu satu tahu ke depan lebih baik, lebih teratur, serta lebih terarah lagi. Buatlah time frame untuk setiap resolusi tahunanmu agar kamu bisa lebih terbantu dalam mendisiplinkan diri dan konsisten dalam menjalani resolusi tahunanmu.

Sudah tahu tips-tips membuat resolusi tahunan khan? Semoga hidupmu jadi lebih baik lagi di tahun 2017 ya JBers! (jow)