Weekuri Lagoon (wemeup.com)

Pesona keindahan alam Indonesia memang tiada tandingannya. Negara dengan banyak kepulauan ini memiliki banyak sekali tempat-tempat indah yang bisa memanjakan mata serta membuatmu takjub akan keindahannya. Mulai dai pantai, pasir putih, pegunungan, lembah, bukit, danau, biota bawah laut, dan masih banyak lagi. Meskipun sudah banyak tempat yang tereksplor dan terkenal hingga ke mancanegara, tapi tetap masih ada saja tempat-tempat tersembunyi dengan pemandangan super cantik di Indonesia yang tak banyak diketahui orang. Jadi Berita sudah mengumpulkan lima tempat yang mendapat julukan sebagai surga tersembunyi di tanah Indonesia yang bakalan hits dan populer di tahun 2017 nanti. Ingin tahu lokasinya ada di mana saja? Yuk lihat!

1Pulau Cubadak

Pulau Cubadak (klimg.com)

Pulau Cubadak merupakan salah satu pulau kecil yang terletak di daerah Sumatera Barat. Menurut cerita masyarakat, di sekitar pulau ini dulunya adalah bekas kawah dengan luas kurang lebih 40 km persegi. Lingkungan di pulau Cubadak masih sangat alami dan asri. Di pulau ini kamu bisa menikmati kesegaran udara bersih, semilir angin laut, serta air laut yang biru jernih yang sangat memanjakan. Ada beberapa spot menyelam di pulau Cubadak yang sangat sayang dilewatkan untuk para pecinta diving maupun snorkeling. Meski pulau ini belum banyak diketahui oleh wisatawan dalam negeri, tapi pulau ini justru sangat terkenal oleh wisatawan asing.

2Pulau Cangke

Pulau Cangke (www.travelingcelebes.com)

Pulau Cangke merupakan salah satu pulau yang masuk dalam gugusan Kepulauan Spermonde yang masuk di wilayah Sulawesi Selatan. Pulau Cangke memang tidak terlalu luas tapi pulau ini memiliki warna air yang sangat jernih sehingga kamu bisa dengan mata telanjang melihat terumbu karang serta biota lautnya. Pulau Cangke dijuluki sebagai pulau Cinta karena kisah Daeng Abu dan istrinya Ibu Maidah yang dengan setia merawat pulau ini mulai dari tandus hingga bisa rimbun dan cantik seperti saat ini. Pulau Cangke bisa ditempuh selama tiga jam dari Pelabuhan Paotere Makassar dengan menggunakan perahu kayu.

3Weekuri Lagoon

Weekuri Lagoon (sumba.land)

Weekuri Lagoon yang terletak di daerah Sumba Barat, NTT ini diketahui publik lewat film Pendekar Tongkat Emas yang tayang pada tahun 2014. Weekuri Lagoon merupakan danau yang air asin yang terbentuk dari lagoon atau aliran air laut yang ada di Sumba Barat Daya. Weekuri Lagoon memiliki tingkat kebeningan air yang seperti kaca sehingga membuat siapa saja terpukau akan keindahannya. Weekuri Lagoon selain memiliki air sebening kaca juga memiliki trekking area yang bisa kamu daki ke atas perbukitan batu karang. Dari atas sini, kamu bisa melihat pemandangan pantai serta danau secara keseluruhan. Berhubung tempat ini belum dikelola secara resmi oleh pemerintah, maka kamu akan sulit untuk menemukan kendaraan serta fasilitas lainnya.

4Mandalika

Mandalika (pinterest.com)

Mandalika merupakan salah satu kawasan yang berada di bagian selatan Lombok, Nusa Tenggara Barat. Mandalika memiliki teluk yang sangat besar dengan pasir putih yang terpampang luas sehingga sangat memanjakan mata kamu. Mandalika yang belum dikelola secara resmi oleh pemerintah ini katanya sudah masuk dalam rancangan pengembangan pariwisata setempat. Konon katanya, Mandalika menjadi tempat di mana puteri dari legenda Suku Sasak menceburkan diri ke laut. Tiap tahunnya, di Mandalika terdapat ritual tahunan yang harus kamu tonton saat datang ke sini, yakni Festival Bau Nyale di mana masyarakat setempat mencari cacing nyale bersama-sama kemudian menyuguhkannya. Cacing nyale adalah cacing tanah yang umurnya sudah ratusan tahun.

5Nusa Pombo

Nusa Pombo (sportourism.id)

Nusa Pombo yang terletak di kawasan Maluku Tengah ini dijuluki surga tersembunyi di Indonesia karena memang memiliki pemandangan pulau yang sangat indah. Keindahan pulau ini akan lebih terlihat saat air laut sedang surut. Daratan baru yang awalnya merupakan perairan dangkal akan perlahan-lahan terlihat dan berubah menjadi pasir-pasir yang membentuk daratan. Kalau kamu sedang beruntung, kamu bahkan bisa menyaksikan burung-burung khas Nusa Pombo yang berkeliaran di sekitar daratan. Nusa Pombo bisa ditempuh menggunakan kendaraan selama 20 menit dari kota Ambon.

Bagaimana JBers? Nggak heran khan kalau lima tempat di atas dijuluki surga tersembunyi di Indonesia. Di antara kelima surga tersembunyi di atas, kira-kira kamu tertarik ingin berwisata ke mana? (jow)