Backpacker Indonesia (mytipstips.com)

Backpacker merupakan istilah yang digunakan oleh para traveler dengan budget minum untuk menjelajah suatu tempat dengan menggunakan tas ransel berukuran besar. Barang-barang yang dimasukkan ke dalam ransel hanyalah barang-barang seperlunya karena para backpacker sebisa mungkin membawa barang yang sedikit namun sangat berguna untuk digunakan saat mereka sedang traveling. Tak hanya di luar negeri, di Indonesia wisata ala backpacker sangat digemari terutama oleh anak muda karena tidak membutuhkan budget yang banyak. Buat kamu yang ingin berwisata ala backpacker, berikut ada lima spot wisata backpacker Indonesia yang pastinya akan booming di tahun 2017. Catat listnya ya!

1Pulau Widi

Pulau Widi (henrywicaksono.files.wordpress.com)

Pulau Widi adalah pulau yang terletak di Desa Gane Luar, Halmahera Selatan. Pulau ini tergolong dalam deretan pulau eksotis karena pemandangan dasar lautnya yang sangat menakjubkan. Selain itu hamparan pasir putihnya yang berbaur dengan air laut yang biru bening membuat wisata backpacker kamu akan semakin tak terlupakan. Di sini kamu bisa melakukan aneka kegiatan olahraga air seperti snorkeling, diving, berenang, hingga memancing. Berhubung kawasan ini masih belum banyak tereskplore sehingga kamu bisa dengan nyaman berlibur tenang di sini.

2Pulau Alor

Pulau Alor (pedomanwisata.com)

Pulau Alor yang terletak di kawasan Nusa Tenggara Timur ini sangat diminati oleh para backpacker mancanegara. Ada banyak sekali turis asing yang datang ke sini untuk menikmati pesona alam dengan pemandangan gulung serta pantainya yang sangat indah. Pulau yang lokasinya lumayan terpencil ini membuat para backpacker harus menginap di rumah-rumah penduduk setempat alias homestay karena belum ada penginapan yang dikelola secara resmi oleh pemerintah dan pariwisata setempat. Jika kamu ke Pulau Alor, jangan lupa untuk snorkeling atau diving karena air lautnya sangat jernih sekali, saking jernihnya tingkat visibilitas mencapai 25 meter loh.

3Pagar Alam

Pagaralam (renoismanto.files.wordpress.com)

Tak ingin wisata backpacker ke pantai? Ada wisata pegunungan yang terletak di Pagaralam, Sumatera Selatan. Pagaralam diprediksi akan menjadi lokasi wisata backpacker yang akan booming di tahun 2017. Pasalnya di sini kamu bisa menemukan banyak sekali wisata mulai dari Danau Merah Rimba Candi, Air Terjun Curug Embun, Kebun Teh Lereng Dempo, Gunung Dempo, Batu Gong, Arca Manusia Purba, Danau Tebat Gheban, hingga melakukan offroad dan paralayang. Untuk mencapai kawasan Pagar Alam ini, kamu membutuhkan waktu tempuh enam hingga tujuh jam dari Palembang.

4Kampung Lolai

Kampung Lolai Tana Toraja (gloopic.com)

Kampung Lolai merupakan salah satu tempat yang berada di Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Kampung Lolai sangat terkenal dengan budaya adat istiadat serta pemandangan alamnya yang sangat indah. Salah satu keindahan yang dimiliki Kampung Lolai adalah Puncak Lolai yang dijuluki sebagai â??negeri di atas awanâ?? oleh para wisatawan. Di Puncak Lolai yang memiliki tinggi kurang lebih 1300 meter di atas permukaan laut, kamu bisa memandang pemukiman warga yang tertutup oleh awan putih layaknya negeri di atas awan. Puncak Lolai berjarak sekitar 16 km dari pusat Kota Rantepao dam kamu bisa naik kendaraan umum kok untuk bisa sampai ke sini.  Buat kamu yang ingin berkemah, kamu bisa mendirikan tenda di sekitar kawasan Tongkonan Lempe yang letaknya tak jauh dari Puncak Lolai.

5Danau Jayamix

Danau Jayamix (liputan6.static6.com)

Danau Jayamix merupakan salah satu spot wisata yang terletak di  Kampung Nunggaherang, Desa Tegal, Kecamatan Ciguded, Bogor. Danau Jayamix ini sangat cocok untuk penggemar wisata backpacker karena selain rute untuk sampai ke kawasan ini tidaklah mudah, harga tiket masuk yang kamu keluarkan juga murah meriah yakni sekitar Rp 10.000-Rp 20.000 saja. Danau Jayamix awalnya merupakan galian tambang material batu dan pasir. Saat para penggali melakukan aktivitas tambang sedalam 40 meter, ditemukan mata air yang kemudian memenuhi galian tambang dan berubah menjadi danau yang kemudian diberi nama Danau Jayamix atau Danau Quarry. Jalanan yang dilalui menuju Danau Jayamix sering dilalui kendaraan truk-truk besar sehingga kondisi jalanan sangat rusak, jadi kamu harus ektra hati-hati untuk menuju ke sana.

Sudah tahu ingin backpackeran ke mana di tahun 2017? (jow)