Siapa yang tak suka selfie? Beberapa tahun belakangan, fenomena ini hadir seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi. Seperti candu, fenomena ini menjangkiti berbagai kalangan usia dan tak kenal status sosial. Di balik segala dugaan negatif tentang selfie, tidak sedikit penelitian yang membuktikan bahwa kegiatan ini ternyata memiliki sisi positif. Berikut adalah beberapa manfaat selfie menurut sains, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

Manfaat yang pertama adalah membuat hidup jadi lebih bersemangat. Peneliti dari University of California Irvine (UCI) menemukan bahwa mereka yang sering selfie sambil tersenyum tanpa dipaksa akan merasa lebih bersemangat dan mempunyai citra positif yang lebih tinggi.

Selfie (Stylecaster)

Manfaat kedua adalah selfie bisa memberi motivasi dan rasa nyaman pada diri sendiri. Psikolog Jessamy Hibberd mengatakan bahwa komentar positif yang datang dari orang lain terhadap unggahan foto selfie, dapat memberikan motivasi dan dapat meningkatkan semangat seseorang dalam menjalani kegiatan sehari-hari. Selain itu, kualitas hasil foto selfie yang baik mampu membuat seseorang merasa lebih nyaman dengan dirinya sendiri.

Selfie (Digitaltrends)

Manfaat ketiga yang tak kalah penting adalah selfie bisa mendeteksi penyakit tertentu seperti eksim atau anemia. Hal ini juga didukung oleh peneliti dari Universitas Colorado, April Armstrong. Dia mengungkapkan bahwa selfie dapat membantu mendeteksi perubahan yang terjadi pada kulit. Bahkan, dua mahasiswa kedokteran di Australia membuat aplikasi bernama Eyenaemia, yaitu aplikasi yang bisa mendeteksi anemia melalui mata seseorang.

Selfie (Indianexpress)

Terakhir, selfie bisa menjadi sarana pergerakan sosial dan media alternatif untuk menyuarakan aspirasi. Hal ini dilakukan oleh penyanyi asal Amerika Serikat, Alicia Keys yang melakukan kampanye tanpa riasan wajah bagi perempuan yang bertujuan untuk mendorong perempuan agar tampil cantik dengan caranya masing-masing, hanya dengan mengunggah beberapa selfie wajahnya yang terlihat natural pada akun Instagramnya.

Jadi, jika kamu suka selfie, jangan rendah diri dulu, karena ternyata ada manfaat yang bisa kamu dapat dari selfie itu. (tom)