Mungkin akhir-akhir ini banyak di antara kalian yang sering mendengar kata Virtual Reality atau VR. Ya, gadget yang mungkin bakal menjadi tren ini adalah teknologi baru yang membuat pengguna berinteraksi dengan lingkungan yang ada dalam dunia maya yang disimulasikan oleh komputer. Singkatnya, kamu seperti masuk ke dalam video simulasi tersebut.

Sudah banyak produk VR yang bisa kita lihat sekarang ini, seperti Oculus Rift yang dibuat Facebook, Google Cardboard dari Google, hingga PlayStation VR buatan Sony. Semua menawarkan kelebihannya masing-masing dengan kecanggihan teknologi saat ini.

Namun benarkah teknologi VR merupakan teknologi baru? VR yang masih banyak dikembangkan para ilmuwan ini dikabarkan sudah pernah dibuat oleh seorang bocah pada tahun 1993. Kabar ini ramai dibicarakan dalam forum online, Reddit.com.

Menggunakan televisi rusak, walkman, sarung tangan untuk berkebun dan panel kontrol VCR tua yang berfungsi sebagai sensor, anak berusia 13 tahun ini berhasil membuat headset VR buatan.

Sayangnya, keberadaan bocah ini tidak diketahui sekarang. Bisa jadi dia merupakan salah satu orang yang bekerja di perusahaan VR saat ini.

Berikut videonya.

(tom)