5 Alasan Logis Kenapa Cewek Punya Ingatan yang Lebih Kuat dari Cowok

Ingatan Cowok dan Cewek (tufts.edu)

Dalam kerja otak, memori atau ingatan merupakan bagian penting yang terus bekerja mulai dari kamu masih kecil hingga kamu dewasa dan menua nanti. Ingatan menjadi sangat penting bagi kehidupan manusia hingga ada orang yang berusaha untuk mempertajam ingatannya dengan melakukan berbagai macam cara seperti mengonsumsi makanan yang baik untuk otak, hingga bermain rubik dan teka-teki silang. Kemampuan mengingat yang berbeda-beda ini ternyata juga dipengaruhi dari faktor jenis kelamin juga loh JBers. Menurut berbagai macam penelitian, cewek ternyata memiliki  kapasitas dan daya ingat yang lebih kuat dari cowok. Ingin tahu alasannya? Ini dia lima alasan logis kenapa cewek punya ingatan yang lebih kuat dari cowok.

1. Cewek Melakukan Hal yang Diulang-ulang

Cewek Selalu Pergi ke Salon (vimandverve.net)

Tahukah kamu kalau segala sesuatu hal yang sifatnya diulang-ulang itu bisa mempertajam ingatanmu. Saat masih kecil dulu, kamu pasti belajar berhitung dan membaca dengan cara yang terus diulang-ulang. Cewek lebih suka melakukan hal yang diulang-ulang dibanding dengan cowok karena memang sudah sifat dasar cewek yang suka melakukan hal yang sama saat ia sudah menyukai hal tersebut. Misalkan saja menulis diari atau pergi ke mall atau salon setiap minggunya. Aktivitas yang selalu sama tersebut membuat kemampuan mereka mengingat kejadian yang sama secara terus menerus. Berbeda dengan cowok yang menyukai hal-hal baru yang berbeda dan lebih menantang.

2. Cewek Suka Lebih Suka Membaca dan Menulis

Cewek Membaca Buku (pinimg.com)

Memang tak hanya cewek saja yang suka membaca dan menulis, tapi cewek memiliki tingkat kesukaan membaca dan menulis yang lebih tinggi dibanding dengan cowok. Mereka bisa membaca lebih banyak dari cowok dan tak mudah merasa bosan jika sudah fokus pada satu bacaan sementara cowok lebih cepat merasa lelah dan bosan saat membaca sesuatu. Meski bacaan cewek kebanyakan tentang horoskop alias ramalan bintang, gosip, serta hal-hal ringan lainnya, tapi ternyata hal itu sangat berpengaruh pada daya ingat mereka. Cewek juga lebih suka menulis dibanding cowok, coba saja kamu bandingkan chat dari cewek dan cowok, pastinya cewek lebih banyak menuliskan pesan dibanding cowok yang lebih suka menjawab seperlunya saja.

3. Cewek Banyak Berbicara dan Bercerita

Cewek Lebih Banyak Bercerita (www.alternet.org)

Hal ini pasti sudah bukan rahasia lagi ya JBers. Sudah menjadi hal yang lumrah kalau cewek lebih banyak berbicara dan bercerita daripada cowok. Cewek bisa menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk curhat berbicara dan bercerita pada teman-temannya. Hal-hal yang diceritakan kebanyakan memang hal yang simple seperti kehidupan percintaan mereka hingga gosip artis terkini yang sedang jadi berita. Tapi kemampuan berbicara dan bercerita ini mampu membuat otak cewek terus berputar dan mengolah informasi yang mereka dapatkan.

4. Cewek Suka Mengenang Masa Lalu

Mengenang Masa lalu (beckyhiggins.com)

Cewek memang paling sering mengenang masa lalunya sehingga cewek lebih suka baper dan galau dibanding cowok. Saat mereka baru putus bahkan sudah putus hingga berbulan-bulan, cewek masih saja terus teringat kenangan akan mantannya. Jika jangka waktu putusnya sudah bertahun-tahun pun cewek masih saja suka bercerita mengenai masa lalu percintaannya. Tak hanya mengenang masa lalu percintaan, cewek juga suka mengingat masa-masa persahabatan dengan teman-teman mereka, hingga kenangan waktu kecil. Hal itu membuat otak mereka terus bekerja memutar memori yang ada di otak sehingga masa lalu mereka jarang ada yang terlupakan.

5. Cewek Lebih Aktif

Cewek Lebih Aktif (www.expanish.com)

Cewek memiliki aktivitas sosial yang lebih aktif dibanding dengan cowok. Hal ini didasari kebanyakan cewek memiliki tingkat kepercayaan diri serta mental yang lebih kuat dibanding cowok. Selain itu, cewek juga lebih bisa berbicara dan mengobrol dengan orang lain dalam rentan waktu yang cukup lama dibanding cowok. Aktivitas sosial yang dilakukan cewek ini bisa berupa kegiatan ekstrakulikuler atau UKM hingga komunitas tertentu. Hal ini secara otomatis membuat otak cewek lebih aktif bekerja.

Sudah tahu khan kenapa cewek memiliki ingatan yang lebih kuat dibanding cowok? Tapi tak menutup kemungkinan kalau cowok juga bisa memiliki ingatan yang lebih kuat seperti cewek jika mereka melakukan kelima hal di atas loh JBers. (jow)