Orang yang Sok Pintar (youqueen.com)

Kamu pernah bertemu atau kenal dengan orang yang seolah-olah bisa menjawab semua pertanyaanmu? Tapi saat kamu bertanya padanya, ia hanya bersikap seolah-olah ia tahu segalanya, padahal jawaban darinya adalah jawaban kosong alias ngasal. Orang-orang yang seperti ini memang terkadang menipu orang lain karena tujuan dan maksud mereka adalah untuk mendapat pengakuan dari orang lain kalau mereka adalah orang pintar yang tahu semua hal padahal mereka hanya bersikap sok pintar alias berpura-pura. Lalu bagaimana cara mengetahuinya kalau mereka aslinya tak tahu apa-apa? Caranya mudah kok JBers. Berikut ini adalah lima tanda orang sok pintar padahal aslinya tak tahu apa-apa, yaitu:

1Suka Meremehkan Orang Lain

Merendahkan Orang Lain (womansday.com)

Orang yang sok pintar pasti sangat gemar meremehkan dan merendahkan orang lain. Mereka selalu menganggap dirinya lebih pintar daripada orang lain. Mereka juga tak mau kalah jika ada orang yang terlihat lebih hebat dari mereka. Mereka juga tidak mau mengakui kalau setiap orang pasti punya kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga mereka merasa kalau dirinya itu sempurna alias tidak memiliki kekurangan apa-apa. Kebanyakan dari mereka tidak memiliki banyak teman karena tak ada yang mau berteman dengan orang yang suka meremehkan temannya sendiri.

2Marah Saat Dikritik

Marah Saat Dikritik (themodernman.com)

Orang yang sok pintar selalu mudah marah saat sedang dikritik. Mereka tidak akan menerima pendapat orang lain karena mereka selalu menganggap kalau pendapat mereka tidaklah salah dan layak untuk dipertahankan. Padahal sebenarnya mereka takut dikalahkan orang lain dan takut kalau mereka dianggap sebelah mata. Namanya juga orang sok pintar, mereka pasti merasa sebagai orang yang tahu segalanya dan saat pengetahuan mereka disalahkan, mereka tidak akan terima begitu saja.

3Selalu Ingin Dipuji

Suka Dipuji (youqueen.com)

Orang yang sok pintar selalu haus akan pujian dan sanjungan oleh orang-orang di sekitar mereka. Kamu bisa melihat secara kasat mata kok kalau sikap dan senyum yang mereka tunjukkan itu palsu. Dengan mendapat banyak pujian, mereka merasa eksistensi sebagai orang pintar di dunia ini diakui oleh orang banyak. Tak peduli kalau mereka hanya bersikap sok pintar dan tidak tahu apa-apa, yang penting pujian dari orang-orang terus mengalir pada mereka.

4Suka Membual

Suka Membual (juliengordon.files.wordpress.com)

Orang yang sok pintar sudah pasti suka membual. Mereka akan berbicara hal apa saja agar terlihat lebih pintar dari orang lain. Meskipun mereka berbicara dengan asal dan tidak jelas ke mana arah pembicaraannya. Berbeda dengan orang yang benar-benar pintar yang berbicara berdasarkan fakta dan pengalaman, orang yang sok pintar justru berbicara sesuai dengan khayalan mereka sehingga tidak ada hal yang bisa membuktikan perkataan mereka.  Orang sok pintar juga terkadang mengambil atau mencatut pendapat orang lain agar terlihat hebat.

5Tidak Mau Mendengarkan Orang Lain

Tidak Mau mendengarkan Orang Lain (athomemagazine.co.uk)

Hal yang satu ini sudah jelas JBers. Orang yang sok pintar tidak akan mau mendengarkan orang lain karena merasa orang lain lebih bodoh dibandingkan oleh mereka. Mereka selalu menutup telinga jika ada orang yang menasehati apalagi sampai menyalahkan pendapat mereka. Lain halnya dengan orang yang benar-benar pintar, mereka akan selalu berusaha mencari ilmu atau hal yang baru dari mendengarkan pendapat orang lain dan mempertimbangkan pendapat orang lain untuk digabungkan dengan pendapat sendiri.

Terlihat jelas khan tanda-tanda orang yang sok pintar. Kira-kira di sekitarmu ada orang-orang seperti ini tidak JBers? (jow)