Bahan Bakar Minyak alias BBM menjadi unsur yang sangat penting, terutama bagi pemilik kendaraan mobil atau motor. Tanpa adanya BBM, tentu saja kendaraan mereka itu tak akan bisa digunakan.

Berbicara soal BBM, saat ini sedang ramai tentang kenaikan harga BBM di Indonesia. Memang harga BBM di Indonesia ini termasuk dalam kategori mahal. Bagaimana dengan negara lain? Rupanya, ada beberapa negara yang memasang harga murah untuk BBM, sehingga negara tersebut menduduki peringkat-peringkat atas dalam soal harga BBM termurah. Negara mana saja? Berikut kelima negaranya, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1Uni Emirat Arab

SPBU di Uni Emirat Arab (Delsjourney)

Seperti yang telah diketahui, Uni Emirat Arab merupakan negara memiliki sumber minyak yang seolah takkan pernah habis. Tak heran harga BBM di negara ini tergolong murah. DiĀ  sana berlaku harga USD 1,80 per galon atau sekitar Rp 6 ribu per liter. Harga ini sangat murah untuk ukuran orang Indonesia. Dan tentu saja bagi orang-orang Uni Emirat Arab sendiri yang notabene sangat kaya dan makmur, banderol Rp 6 ribu per liter itu sangat murah. Meski demikian, kualitas dari BBM produksi mereka dijamin yang terbaik.

2Arab Saudi

SPBU di Arab Saudi (Arabianbusiness)

Sama seperti Uni Emirat Arab, Arab Saudi adalah negara yang dipenuhi dengan minyak. Sudah pasti hal ini akan berdampak positif pada harga BBM negara tersebut. Menurut data yang ada, untuk satu galon BBM di sana harganya adalah sekitar USD 0,91 atau Rp 12 ribuan. Sedangkan untuk harga per liternya kurang lebih Rp 3.243. Kalau kita lihat kemakmuran yang ada di sana, harga Rp 3 ribu per liter bagi orang Arab itu sama sekali tidak ada apa-apanya. Mungkin jauh lebih murah daripada bayar toilet umum atau parkir.

3Kuwait

SPBU di Kuwait (Egyptoil-gas)

Seperti prinsip barang yang semakin banyak eksistensinya bakal makin murah, BBM di Kuwait pun seperti itu. Seperti yang kamu tahu, minyak di Kuwait ini seperti air di sungai alias mengalir dalam jumlah besar. Alhasil, pemerintah negara itu pun memberlakukan harga yang sangat murah untuk BBM. Diketahui untuk satu galon BBM, di sana dihargai sekitar USD 0.88, atau sekitar Rp. 11.700. Sementara harga untuk satu liternya kira-kira Rp 3.100.

4Venezuela

SPBU di Venezuela (Nbcnews)

Venezuela mungkin bukan negara terkaya di dunia, tapi untuk BBM mereka adalah yang terbaik di muka bumi. Negara ini memberlakukan harga BBM yang sangat murah, bahkan terlalu murah. BBM per galon di Venezuela harganya cuma USD 0,02. Jika dikonversikan ke Rupiah, nilainya adalah Rp 267 saja. Sementara jika dihitung per liter harganya cuma Rp 72.

5Turkmenistan

SPBU di Turkmenistan (Financialtribune)

Turkmenistan jadi negara dengan peringkat teratas untuk soal harga BBM murah. Terlepas dari presidennya yang menurut rumor sangat diktator, secara umum penduduk Turkmenistan bisa dibilang bahagia. Ada banyak alasannya, salah satunya adalah lantaran BBM di sana gratis. Sepanjang seseorang memiliki identitas asli sebagai warga Turkmenistan, maka ia berhak untuk mengisi full tank mobilnya secara gratis setiap saat. Kebijakan BBM gratis ini katanya sudah lama digelontorkan dan tentu saja mendapatkan tanggapan yang positif dari masyarakat. Sebenarnya tak hanya BBM, listrik dan air pun di sana gratis. (tom)