Sederet teknologi-teknologi baru terus dikembangkan pabrikan sepeda motor. Terbaru, ada teknologi yang membuat motor bisa berdiri seimbang tanpa penopang hasil racikan Honda.

Honda meluncurkan teknologi motor self-balancing yang bisa berdiri tegak tetap seimbang walau tanpa standar. Sepeda Motor Self Balancing buatan Honda dengan konsep yang disebut Honda Riding Assist akan membuat motor anti jatuh.

Motor Honda dengan Riding Assist ini tidak menggunakan sensor gyroscope seperti motor Self balancing pada umumnya, ada sistem khusus Honda dengan menggunakan kemudi baik maju mundur maupun kanan kiri seperti manusia menyeimbangkan motor.

Meskipun konsep diterapkan pada tipe Honda NC, tetapi teknologi ini bisa diterapkan pada semua model.

Self Balancing Honda (Getty Images)

â??Teknologi ini sebagai rider assistance, untuk membantu keseimbangan pengendara saat berkendara dengan kecepatan rendah, dan membuat sepeda motor tetap tegak. Kami tengah mengembangkan teknologi ini pada model yang lebih besar seperti Gold Wing,” tutur Tony Defranze, PR Honda Amerika Serikat, seperti dilansir Autopro, Selasa (10/1/2017).

Dalam sebuah tayangan terlihat seorang teknisi Honda bisa berdiri di atas motor dan tak membuat motor jatuh. Bahkan ditunjukkan juga sepeda motor itu dapat berjalan sendiri mengikuti pemiliknya ke tempat parkir. Motor tidak jatuh meski melaju dalam kecepatan sangat rendah di dalam ruangan.

Meski demikian, hingga kini masih belum ada informasi kapan teknologi atau sepeda motor canggih itu akan dipasarkan.

Berikut ini videonya.

(tom)