Ini Alasan Ilmiah Saat Bersin Mata Selalu Tertutup

Jika kamu bersin, pasti mata kamu bakal tertutup. Tidak ada orang yang bersin dengan mata terbuka. Banyak mitos mengatakan bahwa bola mata kamu bisa lepas apabila bersin dengan mata terbuka. Benarkah demikian?

Dilansir jadiBerita dari berbagai sumber, bola mata tidak akan lepas begitu saja ketika kamu bersin dengan mata terbuka. Namun bersin dengan mata terbuka juga bukanlah hal yang umum.

Bersin (Merdeka)

Ketika bersin, tanpa sadar kita menutup mata. Hal tersebut adalah refleks yang berkaitan dengan struktur anatomi tubuh manusia, di mana ada sebuah lubang kecil bernama ductus nasolacrimalis yang menghubungkan antara mata dengan hidung

Agar benda asing tidak masuk ke lubang tersebut, maka terjadilah kontrasksi sepanjang hingga ujung ductus nasolacrimalis. Efeknya, mata kita pun terpejam ketika bersin.

Selain itu, akan terjadi stres yang luar biasa pada tubuh selama bersin. Salah satunya berdampak pada tekanan udara yang cukup penting, yang terletak pada mata.

Memang, tekanan tambahan tersebut  tidak akan membuat mata copot atau keluar, tapi akan membuat mata merasa tidak nyaman. Sehingga secara refleks seseorang akan menutup matanya saat bersin sebagai bentuk perlindungan.

Bersin (Kompas)

Seperti dijelaskan sebelumnya, bersin merupakan salah satu refleks keamanan dari tubuh untuk mengeluarkan benda asing dari saluran nafas melalui hidung. Bahkan, ketika seseorang bersin, lendir atau benda-benda asing yang ada di mulut dan hidung akan keluar dengan kecepatan 161 km per jam.

Maka, sangat tidak dianjurkan untuk menutup hidung atau mulut rapat-rapat saat bersin. Alih-alih menunda bersin apalagi merasa lebih baik, menutup hidung atau mulut hanya akan mengakibatkan benda asing tersebut tidak akan keluar. (tom)

loading...