Rumah Dome Teletubbies (emkatourjogja.com)

Penat dengan suasana kota yang padat dan butuh liburan yang bisa menyejukkan pikiran? Pastinya pantai dan gunung menjadi pilihan utama untuk kamu berlibur melepas penat. Tapi kalau kamu bosan dengan pemandangan pantai dan gunung, kamu bisa mencoba untuk berlibur ke daerah pedesaan dengan pemandangan alam yang hijau dan udara yang masih sangat sejuk. Masih belum ada bayangan ingin pergi ke pedesaan mana? Bagaimana jika kamu jalan-jalan ke desa wisata unik di Jogja. Buat kamu yang ingin liburan antimainstream, Jadi Berita kali ini akan memberikan lima desa wisata unik di Jogja yang pas buat liburan kamu kali ini. Langsung lihat aja yuk!

1Desa Teletubbies

Rumah Teletubbies (telusurindonesia.com)

Sesuai dengan namanya, desa Teletubbies memang sangat mirip dengan dunia Teletubbies yang dihuni oleh Tinky Winky, Dipsy, Lala dan Po. Desa Teletubbies yang terletak di Desa Ngelepen, Sumberharjo Prambanan ini sengaja dibuat menyerupai model rumah yang ada dalam serial televisi anak-anak Teletubbies agar tahan gempa. Desa Teletubbies dibangun setelah gempa hebat yang terjadi di Jogja pada tahun 2006 yang lalu oleh lembaga sosial asing yang berasal dari Dubai. Untuk masuk ke area desa wisata unik Jogja ini, kamu hanya dikenakan biaya Rp 3.000 saja kok. Desa ini juga menyediakan area perkemahan buat kamu yang ingin berkemah di sini.

2Desa Wisata unik di Jogja, Pentingsari

Desa Wisata Pentingsari (tmpo.co)

Desa wisata Pentingsari sangat terkenal akan keindahan alamnya. Desa yang terletak di Pentingsari, Cangkringan ini berada dekat kaki lereng Merapi. lembah kali Kuning dan Kali Pawon sehingga udaranya sangat sejuk dan lingkungannya sangat asri sekali. Di desa wisata Pentingsari, kamu bisa melakukan aneka kegiatan yang seru seperti berkebun dan bertani, berlajar tari, belajar gamelan, mencicip aneka kuliner tradisional yang khas, hingga melakukan kegiatan outbond. Selain itu di desa ini ada berbagai macam  objek wisata alam lainnya yang menarik untuk dilakukan bersama dengan teman dan keluarga.

3Desa Wisata Gamplong

Desa wisata unik di Jogja Gamplong (yogyakarta.panduanwisata.id)

Buat kamu yang suka dengan hal yang berbau etnik dan kerajinan tangan, kamu bisa berwisata ke desa wisata Gamplong yang ada di Kecamayan Moyudan, Sleman. Desa wisata unik Jogja ini merupakan desa wisata yang terkenal akan kerajinan tenunnya. Di desa wisata ini, kamu bisa melihat industri kerajinan tenun tradisional dengan menggunakan ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin) yang dihasilkan oleh para pengrajin asli Gamplong untuk menghasilkan kain tenun. Selain kain tenun, kamu juga bisa melihat kerajinan anyaman seperti eceng gondong,

4Desa Wisata Wayang

Desa Wisata Wayang (yogyakarta.panduanwisata.id)

Desa wisata unik di Jogja ini wayang berlokasi di Desa Pucung, Wukirsari, Bantul ini sangat cocok untuk kamu yang ingin mendapat pengalaman unik dan berbeda. Sesuai dengan namanya, di desa wisata wayang ini kamu bisa melihat langsung sentra industri kerajinan wayang mulai dari proses pembuatan memahat dan mewarna, aneka jenis wayang, hingga pertunjukan wayang yang sudah menjadi tradisi secara turun temurun. Tercatat ada sekitar 1000 lebih pengrajin yang ada di desa ini, padahal dulunya hanya ada kurang dari sepuluh pengrajin. Di sini, kamu juga bisa membuat wayang hasil kreasi kamu sendiri loh.

5Desa Wisata Batik Kayu

Desa Wisata Batik Kayu (paketwisatajogja.net)

Desa wisata batik kayu terletak di Krebet, Sendangsari, Bantul. Lokasinya sekitar 15 km dari kota Jogja sehingga mudah dijangkau. Sesuai dengan namanya, di desa ini kamu bisa melihat aneka kerajinan batik kayu yang sangat tradisional sekali. Kerajinan batik kayu ini merupakan kerajinan batik yang diaplikasikan pada media kayu yang sudah dibentuk menjadi aneka macam bentuk kerajinan tangan yang bisa dijadikan untuk oleh-oleh. Selain membatik dengan media kayu, kamu juga bisa melihat upacara adat Merti Dusun atau melihat seni tradisional jathilan dan kethoprak di desa wisata batik kayu ini.

Sudah tahu ingin merasakan sensasi liburan unik yang seperti apa JBers? (jow)