Trauma Pacaran (whileyouwait.org)

Semua orang tentunya pernah mengalami hubungan yang kandas di tengah jalan alias putus cinta. Kandasnya kisah cinta, bisa membuat kamu mengalami segala macam emosi seperti marah, kesal, kecewa, sedih, bahkan trauma pacaran dan tidak ingin memiliki pacar lagi.

Trauma pacaran ini jangan kamu anggap remeh loh karena bisa berakibat buruk bagi kestabilan emosional kamu. Beberapa dari orang-orang yang trauma pacaran menjadi lebih menutup diri, mellow, serta mudah marah atau tersinggung jika ada yang menyinggung tentang hal-hal yang berhubungan tentang cinta. Nah, buat kamu yang trauma pacaran dan ingin untuk memulihkan hatimu kembali, JadiBerita punya lima cara untuk kamu coba, yaitu:

1Menerima agar terhindar Trauma Pacaran

Belajar Menerima Kenyataan (tqn.com)

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat hubunganmu kandas di tengah jalan adalah menerimanya dengan lapang dada karena dia memang bukan ditakdirkan untukmu JBers. Sedih dan kecewa boleh-boleh saja, tapi jangan sampai berlarut-larut. Kamu masih punya kehidupan dan masa depan yang harus kamu jalani sehingga kamu harus belajar bersikap dewasa dengan menerima kenyataan dan percaya kalau semua yang terjadi padamu saat ini pasti ada hikmah dan pelajaran yang bisa kamu ambil. Selalu cari sisi positif dari apa yang sudah terjadi padamu.

2Buang Jauh-jauh Pikiran Stereotype

Jauhkan Pemikiran Stereotype (lifehack.org)

Orang yang cintanya kandas karena sesuatu hal yang tidak baik seperti pacarnya selingkuh, kasar, main tangan, posesif, dan sebagainya pasti akan merasa trauma pacaran dan merasa kalau semua lawan jenisnya memiliki sifat yang serupa dengan mantan pacarnya. Hal itu membuat kamu memiliki pemikiran stereotype dan rasa tidak percaya pada orang lain yang sangat susah untuk dihilangkan. Ingat JBers, semua manusia diciptakan dengan sifat dan karakter yang berbeda-beda, jadi tak semuanya memiliki sifat yang sama dengan mantanmu ya!

3Membuka Hati

Membuka Hati (powerofpositivity.com)

Membuka hati dengan membuka diri itu beda loh JBers. Mungkin selama ini kamu sudah merasa kalau kamu sudah membuka diri dengan tidak berlarut-larut pada rasa sedihmu akibat putus dengan pacar, tapi kamu juga harus memperhatikan apakah kamu sudah membuka hatimu untuk cinta yang baru? Ada sebagian orang yang mengobati rasa putus cinta mereka dengan menemukan cinta yang baru, tapi ada sebagian yang menganggap persepsi tersebut salah karena mereka merasa kalau kekasih mereka yang dulu tak akan ada yang bisa menggantikan. Dengan mencari cinta yang baru, itu tandanya kamu sudah membuka hati dan melangkah ke depan. Jika ada orang yang ingin dekat denganmu, berikanlah peluang padanya dengan membuka hati. Siapa tahu dia adalah orang yang bisa menyembuhkan rasa patah hatimu atau jangan-jangan bisa jadi dia adalah jodohmu.

4Curhat dengan Sahabat

Curhat ke Teman (boundless.org)

Manusia diciptakan sebagai makhluk yang membutuhkan orang lain. Jadi, saat kamu sedang mengalami masalah seperti rasa trauma pacaran, kamu bisa curhat dengan sahabat dekatmu. Dengan menceritakan masalahmu pada orang lain, hal itu bisa membuat hatimu lebih lega dan merasa bebanmu terangkat sebagian. Sahabatmu juga bisa melihat masalahmu dari sudut pandang yang berbeda sehingga bisa memberikan nasehat dan saran untukmu. Tak hanya cewek yang bisa curhat dengan sahabatnya, cowok pun juga butuh curhat agar lebih lega.

5Melakukan Aktivitas Positif

Melakukan Kegiatan Sosial tak Trauma Pacaran (charityrepublic.com)

Untuk membuat kamu memulihkan hati dan menghilangkan rasa trauma pacaran, kamu harus sering-sering bertemu dengan orang banyak. Karena dengan begitu, kamu jadi lebih banyak mengenal karakter dan sifat macam-macam orang, terutama lawan jenismu. Untuk bertemu dengan orang banyak ini kamu harus melakukan aktivitas yang positif seperti menjadi relawan atau ikut kegiatan sekolah atau kampus. Siapa tahu di sana kamu bisa menemukan cinta baru yang bisa memulihkan hatimu. Jadi, jangan terus-terusan menyendiri di dalam rumah ya JBers!

Sekarang sudah tahu khan cara memulihkan hatimu kembali. Semoga trauma pacaranmu cepat terobati ya JBers! (jow)