Orang Egois (lehighvalleylive.com)

Manusia diciptakan dengan berbagai macam sifat di dalamnya. Ada lebih dari puluhan sifat yang dimiliki seorang manusia, sifat baik maupun sifat buruk. Orang akan dengan mudah mengakui secara terus terang tentang sifat baik mereka sementara sifat buruk mereka sembunyikan. Jarang ada orang yang mau mengakui bahkan menyadari kalau mereka memiliki sifat buruk yang bisa merugikan diri sendiri dan orang lain. Salah satu dari sifat buruk tersebut adalah orang egois yang bisa muncul tanpa kamu sadari. Sifat egois biasanya selalu ditandai dengan rasa ingin menang sendiri. Tapi ternyata sifat egois itu tak hanya ditandai oleh rasa ingin menang sendiri loh, ada beberapa tanda lainnya yang kamu harus ketahui seperti di bawah ini:

1Orang Egois Ingin Selalu Sempurna

Ingin Selalu Sempurna (wixstatic.com)

Orang egois selalu ingin yang terbaik untuknya. Mereka tidak akan pernah puas sebelum suatu hal memenuhi standar mereka. Contohnya seperti saat kamu mengerjakan tugas kelompok yang mengharuskan kamu untuk bekerja bersama dengan teman-teman, tetapi saat melihat hasil kerja kelompok, mereka tak akan puas dengan hasilnya dan selalu merasa ada yang kurang. Orang egois lebih suka mengerjakan segala sesuatunya sendiri agar lebih puas. Mereka juga selalu detail pada hal sekecil apapun. Jika kamu menemukan tanda seperti ini pada dirimu, kamu harus lebih banyak bersyukur JBers karena tidak ada yang sempurna di dunia ini.

2Harus Pegang Kendali

Orang Egois, Ingin Selalu Pegang Kontrol (timeshighereducation.com)

Orang egois sangat suka memegang kendali atas sesuatu. Mereka sangat dominan dalam sebuah kelompok sehingga mereka sering dijadikan team leader atau ketua. Jika mereka tidak bisa menjadi ketua, otomatis mereka tidak bisa memegang kendali dan mereka akan cenderung kecewa dan gelisah. Mereka bahkan bisa berusaha mengambil alih posisi ketua tersebut dari orang lain agar bisa tetap memegang kendali. Untuk mengatasinya, mulailah untuk mendahulukan kepentingan kelompok di atas kepentingan pribadimu dan belajarlah untuk mengalah karena tak semua hal di dunia ini bisa kamu kendalikan ya JBers.

3Pendendam

Pendendam (prevention.com)

Salah satu tanda orang egois adalah pendendam. Mereka tak bisa memaafkan orang lain dengan mudah meski orang yang berbuat salah pada mereka sudah meminta maaf dengan cara apapun. Mereka bisa menyimpan amarah dari kesalahan orang lain yang sudah lama berlalu, bahkan dari kesalahan bertahun-tahun lalu. Meski di mulut mereka mengucapkan kata memaafkan orang tersebut, tapi jika hati mereka masih mengganjal, itu tandanya masih ada dendam yang tersisa. Hal terbaik untuk menyikapinya adalah berusaha ikhlas dan memaafkan dengan tulus.

4Tak Ingin Disalahkan

Tak Ingin Disalahkan (socialmoms.com)

Orang egois memang tak pernah ingin disalahkan karena mereka selalu ingin menang sendiri. Mereka selalu pintar untuk mencari-cari celah kesalahan orang lain dan menggunakannya saat mereka tersudut. Bisa dikatakan orang egois ini memang memiliki otak yang cerdas karena bisa membalikkan keadaan dengan mudah. Apalagi ditambah mereka selalu memegang kuasa. Jadi sangat mudah untuk mereka melempar kesalahan pada orang lain. Cobalah untuk belajar menerima keadaan. Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan kok. Jadi kalau kamu melakukan kesalahan, akui saja dengan jujur dan cobalah untuk memperbaiki kesalahan tersebut.

5Tak Pernah Punya Waktu untuk Teman

Tak Pernah Punya Waktu untuk Teman (shutterstock.com)

Banyak yang berpikir kalau orang yang egois pasti tidak punya teman, tapi tak selamanya anggapan tersebut benar loh JBers. Ada juga orang egois yang memiliki banyak teman, tapi mereka tak pernah punya waktu untuk temannya terutama saat temannya membutuhkan karena mereka selalu meletakkan kepentingan pribadi di atas kepentingan teman mereka. Benar-benar egois ya JBers? Oleh karena itu, jika ada teman kalian yang membutuhkan bantuan, kamu jangan ragu untuk membantu ya karena siapa tahu nanti kamu akan benar-benar membutuhkan bantuan teman.

Setelah membaca lima tanda di atas, apa kamu menemukan salah satu tanda ada pada dirimu JBers? (jow)