Menjadi kepala daerah, baik itu Bupati maupun Walikota, memang bukan hal yang mudah. Perlu kemampuan memimpin yang tinggi, unggul dalam segala bidang, memahami warga dengan baik, dan terkadang diperlukan pengalaman. Tak heran, biasanya mereka yang memimpin daerah berusia matang dengan pengalaman dalam dunia politik yang sudah teruji.

Namun, semakin berkembangnya zaman, semua orang dapat menjadi pemimpin daerah. Pasalnya, kini diperlukan bibit-bibit unggul yang ‘segar’ dan punya segala ide serta inovasi dalam membangun daerah dan warganya. Alhasil bermunculanlah pemimpin-pemimpin muda yang siap membawa perubahan bagi daerahnya.

Nah, tak hanya berusia muda, pemimpin di daerah ini ternyata berwajah cantik dan tampan, lho. Seperti sederet kepala daerah ini. Adakah dari daerahmu, JBers?

1Zumi Zola.

Mewarisi darah politik ayahnya, Zulkifli Nurdin yang merupakan Gubernur Jambi periode 1999-2004 dan 2005-2010, Zumi Zola menjadi bupati Kabupaten Tanjung Jabung Timur untuk periode 2011-2016. Kemudian tahun 2015, Zumi Zola berpasangan dengan Fachrori Umar, terpilih menjadi gubernur dan wakil gubernur Jambi untuk periode 2016-2021. Wajahnya yang tampan membawa angin segar bagi masyarakat Jambi.

Kamu merasa tak asing dengan pemilik nama Zumi Zola Zulkifli ini? Yup, dia pernah menjadi aktor Indonesia beberapa waktu silam.

2Emil Dardak.

View this post on Instagram

#ThrowbackThursday saat saya berkesempatan mewakili Trenggalek dan Indonesia menjadi pembicara menyampaikan aspirasi peran penting daerah dalam Sustainable Development Goals (SDG) ‘Pembangunan Berkelanjutan’ di dunia khususnya negara berkembang. Mungkin masih ada yang ingat berita pidato saya yang disebut media 'menggemparkan dunia'? Saya rasa bila video tersebut bisa viral dan di-share banyak orang, maka akan semakin dekat dan tersampaikan pemahaman kita tentang esensi pembangunan berkelanjutan. Pembangunan berkelanjutan juga berkaitan dengan keharmonisan manusia dengan alamnya. Kita dapat memulainya dari hal kecil, seperti berhenti pakai kantong plastik dan stereofoam, berhenti membuang sampah di sungai/kali, dan menggalakkan penghijauan. Saya percaya environment sustainability, dan pembangunan daerah/kabupaten dapat membawa kemakmuran dan kesejahteraan untuk masyarakatnya. Nah, saya percaya, kalau masyarakat Trenggalek bagaimana? #bupati #ilovetrenggalek#trenggalekmembangun #SDG #UNHabitat3 Foto: UNACLA

A post shared by Emil Elestianto Dardak (@emildardak) on

Emil Elestianto Dardak atau Emil Dardak menjabat sebagai Bupati Trenggalek sejak17 Februari 2016. Ia dan Mochamad Nur Arifin menjadi pasangan termuda pada pilkada serentak 2015 kala itu. Tak hanya wajahnya yang tampan, suami aktris cantik Arumi Bachsin ini dikenal punya segudang prestasi.

Pemuda kelahiran Jakarta, 20 Mei 1984 ini menjadi peraih gelar Doktor Ekonomi Pembangunan termuda di Jepang dari Ritsumeikan Asia Pacific University pada usia 22 tahun dan dipercaya menjadi Chief Business Development and Communication-Executive Vice President di PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero).

3Indah Putri Indriani.

rijalmaulana.com

Indah Putri Indriani merupakan Bupati Luwu Utara periode 2016 – 2021, sekaligus perempuan pertama yang berhasil menjadi kepala daerah di wilayah Sulawesi Selatan. Wanita kelahiran Enrekang, Sulawesi Selatan, 7 Februari 1977 ini pernah tercatat sebagai staf pengajar program S1 & ekstension FISIP UI, dosen pascasarjana ilmu politik UI, dosen FISIP Universitas Bung Karno, dan dosen FISIP Universitas Muhammadiyah Jakarta. Wah, sudah cantik, pintar pula ya, Ibu satu ini.

4Airin Rachmi Diany.

wikimedia.org

Salah satu wanita berparas cantik yang sukses menjadi kepala daerah adalah Airin Rachmi Diany. Ia merupakan Wali Kota Tangerang Selatan yang menjabat sejak 20 April 2011. Airin merupakan alumni Fakultas Hukum Universitas Padjajaran, Bandung. Wanita kelahiran Banjar, 28 Agustus 1976 ini memang sudah cantik dan berprestasi sejak muda.

Semasa kuliah, Airin pernah menjadi pemenang Mojang Parahyangan Bandung (1995) dan Mojang Provinsi Jawa Barat (1995). Kemudian, ia mengikuti pemilihan Puteri Indonesia 1996 dan berhasil meraih gelar Puteri Indonesia Favorit serta Puteri Indonesia Pariwisata.

5Rita Widyasari.

Twitter

Rita Widyasari sukses menjadi seorang bupati Kutai Kartanegara. Bupati yang lahir di Tenggarong, 11 November menjabat bupati pada usia 36 tahun untuk periode 2010-2015. Sebelum menjadi Bupati, putri mantan Bupati Kutai Kartanegara (Syaukani Hasan Rais) ini menjabat Ketua DPRD Kukar hasil pemilu 2009.