Presiden Amerika Serikat terpilih, Donald Trump, akhirnya resmi dilantik. Bersama wakilnya, Mike Pence, Jumat (20/1/2017), ia membacakan sumpahnya di Washington DC, dengan dipandu hakim agung John J Roberts Jr.

Didampingi istrinya, Melania, pengusaha properti itu mengangkat tangan kanannya, sementara tangan kirinya ditumpangkan di atas kitab suci yang dipegang sang istri. Dia menggunakan dua buah Alkitab, satu miliknya sendiri dan satu lainnya adalah milik Abraham Lincoln.

Meski sudah resmi menjadi Presiden Ameria ke-45, masih banyak pihak yang belum mau menerima Trump. Padahal dialah yang akan memimpin negara adidaya itu dalam 4 tahun ke depan menggantikan Barack Obama.

Nah, daripada melihat sisi negatif dan kontroversi Trump, ada baiknya melihat juga 5 sisi positif dari seorang Donald Trump. Apa saja sih? Dilansir JadiBerita dari berbagai sumber, yuk intip sisi positif Trump, berikut ini.

1Tahu cara mengelola perekonomian.

fortune.com

Bukan lagi rahasia jika sebelum menjadi Presiden AS, Donald Trump merupakan seorang pebisnis properti yang handal. Donald Trump merupakan anak keempat dari taipan properti New York, Fred Trump. Walau lahir dalam keluarga berada, dia diharuskan mulai bekerja sebagai pekerja rendahan dalam perusahaan ayahnya.

Melansir dari Kompas, Trump mengaku terjun ke sektor properti dengan ‘pinjaman kecil’ sebesar US$1 juta dari ayahnya dan membantu sang ayah mengembangkan portofolio proyek perumahan di wilayah Dewan Kota New York City. Ia pun mengambil alih perusahaan ayahnya tahun 1971 dengan mengganti namanya menjadi Trump Organization.

Tak hanya itu, ia juga membangun Trump Tower di Fifth Avenue, yang merupakan jalan paling terkenal di Amerika Serikat, Trump Place, Trump World Tower, Trump International Hotel and Tower yang merambah ke negara-negara lain seperti Mumbai, Istanbul, dan Filipina. Jadi siapa yang meragukan bakatnya dalam mengelola perekonomian?

2“Trump sosok yang pintar dan bertalenta”

businessinsider.com

Waktu masih menjadi calon Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump dipuji Presiden Rusia Vladimir Putin di tengah kontroversi sejumlah pernyataannya sebagai bakal calon presiden AS.

“Dia adalah sosok yang pintar dan bertalenta,” puji Putin.

Hal ini bukannya tak berdasar, pasalnya Trump Trump untuk memperbaiki hubungan antara kedua negara yang mengalami pasang surut sejak Barack Obama menjadi presiden. Selain itu, ia pun tampak ingin fokus membangun Amerika Serikat di Amerika Serikat sendiri.

3Percaya diri yang tinggi.

f5quotes.com

Melansir dari Kompas, Donald Trum selama 40 tahun telah mengukuhkan sendiri citranya sebagai sosok kasar dan vulgar sehingga menjadi bahan olokan. Namun, dua penulis biografinya menilai, kepribadian Trump terutama terdiri dari tiga kata, yakni â??cinta diri sendiriâ??.

Yup, seperti menonjol adalah, yakni narsismenya yang tinggi. Tampak dari gestur dan lain sebagainya, Trump nampak lebih percaya diri. Hal ini ditunjukan dengan ekspresinya yang selalu menebar senyum, ekspresi wajahnya yang sangat optimis akan suatu hal dan tentu saja ucapannya.

Percaya tidak percaya, sikap seperti seorang Trump dapat menimbulkan energi positif. Dengan sikap seperti itu, orang-orang akan menilai kalau Trump benar-benar bisa melakukan apa yang dia katakan.

4Pantang menyerah.

theblaze.com

Pantang menyerah merupakan satu sikap yang patut dicontoh dari seorang Trump. Pasalnya, meski ia merajai bisnis properti dunia, tapi ia pernah merasakan jatuh. Walau lahir dalam keluarga berada, dia diharuskan mulai bekerja sebagai pekerja rendahan dalam perusahaan ayahnya.

Pada usia 13 tahun, Trump muda dikirim ke akademi militer karena kelakuan buruknya di sekolah. Dia menjalani pendidikan di Sekolah Wharton dan Universitas Pennsylvania dan menjadi calon penerus bisnis ayahnya dan sang kakak, Fred, memilih menjadi pilot. Saat sang ayah meninggal, ia pun akhirnya menjadi pewaris dan mampu membangkitkan bisnisnya dalam waktu yang relatif singkat.

Tak hanya dalam kehidupan pribadi, ternyata dalam politik pun ia pantang menyerah. Trump sudah mengumumkan tiga kali, bahwa ia akan mencalonkan diri, tapi akhirnya batal ketika situasi mulai serius. Pantang menyerah banget, kan?

5Gaya hidup sehat.

skysports.com

Gaya hidup Trump ternyata sangat sehat, lho. Tak hanya berolahraga, Trump ternyata tidak merokok dan juga bukan pencandu alkohol. Pasalnya, ia menghindari dua barang tersebut saat menyaksikan bagaimana sang Ayah meninggal karena kecaduan alkohol.

Diberitakan Okezone, saat mengeluarkan hasil tes kesehatan para kandidat Presiden, berbeda dengan lawan politiknya Hillary Clinton, Trump dinyatakan dalam keadaan yang sangat sehat.

Hal ini disampaikan oleh dokter Harold N. Bornstein MD. Menurutnya pria yang memiliki berat badan sekira 107 kilogram dan tinggi sekira 190 centimeter ini berada dalam kondisi sangat baik. Sejak 6 November 1980, Trump sudah berada dalam perawatan dan pengawasan dokter Bornstein. Selama ini, Trump hanya pernah dirawat satu kali akibat menderita penyakit usus buntu pada usia 11 tahun.