RAN kini dikenal sebagai salah satu grup musik Indonesia yang cukup populer. Grup vokal RAN telah kurang lebih sepuluh tahun berkarir di panggung musik Tanah Air. Belakangan ini mereka belum mengeluarkan karya baru, namun para personel RAN masing-masing tengah sibuk dengan proyek musik lain, yang tentu membuat mereka masih eksis.

Salah satu proyek musik dari personel RAN adalah kolaborasi antara Rayi Putra dengan penyanyi Isyana Sarasvati. Mereka berdua berkolaborasi dalam sebuah lagu berjudul “Kau Adalah”. RAN juga sempat berkolaborasi dengan musisi atau band lainnya.

Meski demikian, di balik kesuksesan RAN sekarang ini, tentu ada usaha keras bahkan pengalaman yang dirasakan oleh para personelnya. Belum lama ini, Rayi lantas mengisahkan pengalaman kurang menyenangkan RAN di masa lalu. Ketika pertama kali manggung, RAN ternyata hanya ditonton 11 orang dan diberi honor sekitar Rp 1 juta.

View this post on Instagram

Rise and shine! 📷: @akbarmoose

A post shared by Rayi Putra | RAN (@rayiputra26) on

“Kami dibayar Rp 1 juta. Di situ kami lagi euforianya nge-band. Kami di atas panggung cuma ditonton 11 orang. Uangnya kami buat makan-makan aja, enggak dibagi bertiga,” ujar Rayi seperti dikutip dari Kompascom, Senin (23/1/2017). “Sekarang kami bersyukur banget masih bisa eksis di antara gempuran musisi-musisi lain sekarang ini,” lanjutnya.

Sementara itu, RAN terakhir kali merilis karya kolaborasi dengan Kahitna bertajuk “Salamku Untuk Kekasihmu yang Baru”. Lagu tersebut dirilis bertepatan dengan ulang tahun ke-10 grup RAN, yang jatuh pada bulan November 2016 lalu.

Sukses terus untuk RAN. (tom)