Sebuah prestasi ditorehkan oleh seorang sineas muda berbakat Indonesia, Dedy Arliansyah Siregar. Ya, pria asal Sumatera Utara itu mendapat rekor MURI dalam kategori perangkap jabatan terbanyak dalam sebuah film layar lebar.

Tak tanggung-tanggung, dia merangkap 18 jabatan dalam menggarap film berjudul “Selembar Itu Berarti”. Dalam film itu, Dedy menjabat sebagai sutradara, produser, penata kamera, make up dan beberapa lainnya.

Sebelumnya, rekor ini telah dipegang dengan total merangkap 14 jabatan dalam satu film. Sebenarnya, Dedy memiliki tim yang berjumlah total enam orang. Keterbatasan tim inilah yang akhirnya membuat Dedy harus merangkap 18 jabatan.

Dedy Arliansyah Siregar (Beritakopas)

“Sejujurnya, rekor ini tidak sengaja saya buat. Total tim saya berjumlah enam orang. Keterbatasan inilah yang membuat saya harus melakukan tugas lain dalam film ‘Selembar Itu Berarti’,” ungkap Dedy saat ditemui dalam penyerahan rekor MURI di Sopo Partungkuoan, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, seperti dikutip dari Kapanlagicom, Rabu (25/1/2017).

Prestasi Dedy ini mendapat sambutan baik dari Bupati Tapanuli Utara, Drs. Nikson Nababan beserta sang istri, Satika Simamora. Menurut Nikson, film yang diproduksi oleh Mora Heart Production ini memberikan pencerahan terhadap Indonesia, pada umumnya soal pendidikan.

“Dedy beserta tim ini saya lihat punya semangat untuk bekerja. Awalnya memang saya ragu. Tapi dulu saat mereka membuat film pertama saya sadar, lewat sebuah film kita bisa bercerita tentang apa yang terjadi. Film ‘Selembar Itu Berarti’ merupakan film berlatar pendidikan yang bagus,” terang Nikson.

Dedy Arliansyah Siregar (Pos Metro)

Film ini terinspirasi dari kejadian nyata yang terjadi di Tapanuli Utara dalam hal pendidikan. “Selembar Itu Berarti” menceritakan tentang kakak adik, Putri (Puteri Dalilah Siagian) dan Diaz (Raihan F Valendiaz) yang berjuang untuk sekolah meski terjebak dalam kemiskinan. Putri dan Diaz mengumpulkan kertas selembar demi selembar dan kemudian dijadikan sebuah buku untuk sekolah.

Menariknya, film ini banyak dibintangi oleh pemain-pemain baru yang merupakan putra dan putri asli Sumatera Utara, yakni Putri Dalilah Siagian, Raihan F Valendiaz, Yessica T Simanjuntak dan beberapa lainnya. Tak ketinggalan tiga pemain senior, Anwar Fuadi, Raslinna Rasyidin dan Jay Wijayanto turut ikut dalam film ini. Sebelumnya, film ini pernah diputarkan di dua daerah Sumatera Utara, yakni Langkat dan Binjai. Hasilnya, 80 ribu tiket terjual dalam tiga hari pemutaran film ini. Rencananya film ini juga bakal diputarkan di bioskop-bioskop Indonesia.

Berikut ini video teasernya.

(tom)