Judul resmi untuk “Star Wars Episode VIII” telah diumumkan oleh Disney dan LucasFilm. Mirip seperti “Star Wars: The Force Awakens”, judul untuk Episode VIII ini juga simpel dan singkat, yaitu “Star Wars: The Last Jedi”. Pihak studio menganggap judul tersebut sebagai tahap baru kisah Skywalker dan pengumumannya disampaikan dalam rangka mengapresiasi para penggemar Star Wars.

Dilansir dari Movie Web, Kamis (26/1/2017), judul “Star Wars: The Last Jedi” pada akhirnya justru menuai kontroversi di kalangan penggemar berat “Star Wars”. Warna merah pada logo “Star Wars” dalam poster yang dipamerkan, menyiratkan kehadiran kaum Sith yang merupakan antagonis utama franchise ini.

Poster Star Wars: The Last Jedi (Disney)

Banyak yang menganggap warna merah pada logo “Star Wars: The Last Jedi” merupakan pertanda bahwa ceritanya bakal memadukan “The Empire Strikes Back” (Episode V) dan “Return of the Jedi” (Episode VI) sekaligus. Pertanyaan juga menyeruak terhadap siapa sebenarnya Jedi terakhir yang dimaksud. Namun, sebuah petunjuk yang tak terlalu mengejutkan menjawab pertanyaan tersebut.

Seperti disampaikan Comingsoon, Jedi terakhir yang dimaksud dalam judul “Star Wars: The Last Jedi” adalah Luke Skywalker. Hal tersebut sudah lama diungkap dalam opening crawl (teks pembuka) “Star Wars: The Force Awakens” yang rilis 2015 lalu.

Luke Skywalker telah hilang. Dalam ketidakhadirannya, First Order yang jahat telah bangkit dari abu Kekaisaran dan tidak akan beristirahat sampai Skywalker, Jedi terakhir, hancur,” tulis teks dalam “The Force Awakens” itu. Lalu, sebuah dialog dari karakter Supreme Leader Snoke juga menyiratkan hal tersebut. “Droid itu akan segera dikirim ke Pemberontak… Membimbing mereka kepada Jedi terakhir.”

Tulisan berjalan pada awal Star Wars: The Force Awakens (Disney)

Bicara soal judul “Star Wars: The Last Jedi”, pemeran Luke Skywalker, Mark Hamill, dan pemeran Rey, Daisy Ridley, ikut melontarkan reaksinya. Untungnya, mereka berdua menanggapi positif judul film kedelapan Star Wars yang mereka bintangi itu. “Judulnya sederhana dan minimalis dan saya suka,” kata Hamill.

Mark Hamill (Playerattack)

Sementara Daisy Ridley hanya memamerkan foto kolase berisi wajah konyolnya di media sosial dalam sebuah meme. Ekspresi wajah tersebut dibuat menjadi tiga buah dan disandingkan dengan logo “Star Wars: The Last Jedi” dari jauh hingga dekat.

Reaksi Daisy Ridley (Facebook)

Terlepas dari makna judulnya, film terbaru “Star Wars” ini jelas wajib tonton terutama bagi penggemar berat “Star Wars”. “Star Wars: The Last Jedi” dijadwalkan rilis pada 15 Desember 2017. (tom)