Sebagai seorang pecinta film sejati, Vugar Efendi, yang juga seorang penulis naskah, sutradara dan produser, sudah memproduksi berbagai karya terkait dengan kegemarannya di dunia sinematografi dan film. Ia telah membuat berbagai jenis film, mulai dari eksperimental hingga dokumenter. Seakan belum puas, Vugar merilis sebuah proyek seni yang dinamai dengan â??Film Meets Artâ??.

Dari proyek ini, Vugar mengkompilasi mengenai hubungan antara dunia seni dengan film. Vugar banyak menampilkan berbagai perbandingan adegan film terkenal dengan karya seni lukisan yang menginspirasinya. Seperti salah satu potongan adegan film karya Steven Spielberg, “Empire of The Sun” yang hampir identik dengan lukisan karya Norman Rockwell.

Lukisan Norman Rockwell, Freedom from Fear dan film Empire of The Sun (My Modern Met)

Tak hanya satu film, Vugar juga berhasil menemukan beberapa potongan adegan dalam film dengan lukisan yang menginspirasinya. Seperti adegan yang memperlihatkan rumah dalam film “The Exorcist” dengan lukisan Rene Magritte berjudul “Lâ??Empire des Lumieres”, dan adegan seorang pria meringkuk dalam film “There Will Be Blood” dengan lukisan karya Jean-Hippolyte Flandrin berjudul “Jeune Homme Nu Assis Au Bord de La Mer”.

Lukisan Jean-Hippolyte Flandrin, Jeune Homme Nu Assis Au Bord de La Mer dan film There Will Be Blood (My Modern Met)

Kemudian untuk film klasik “Metropolis”, ada adegan dimana film itu memperlihatkan bangunan yang mirip dengan Menara Babel dalam lukisan karya Pieter Bruegel the Elder berjudul “The Tower of Babel”. Ada juga adegan yang memperlihatkan Napoleon Bonaparte menunggangi kudanya seperti yang terlihat dalam lukisan karya Jacques-Louis David yang berjudul “Napoleon Crossing the Alps”.

Lukisan Pieter Bruegel the Elder, The Tower of Babel dan film Metropolis (My Modern Met)

Untuk perbandingan lengkapnya, kamu bisa lihat video berikut ini.

(tom)