Peran Superman di film “Justice League” memang membuat penasaran. Sebenarnya, sudah dipastikan bahwa dia akan tampil di film itu. Dalam gambar promo paling pertamanya saja dia ikut berpose bersama rekan-rekannya sesama superhero DC. Namun rupanya ia tak akan beraksi bersama rekan-rekannya sejak awal.

Justice League (Warner Bros)

Hal ini dikarenakan Superman terlihat ‘mati’ di akhir film “Batman v Superman: Dawn of Justice”. Akhirnya, urusan merekrut para pahlawan harus jatuh ke Batman dan Wonder Woman.

Lalu, apa peran Superman dalam film “Justice League”? Terkait hal tersebut, sang sutradara Zack Snyder memberikan sedikit bocoran. “Peran Superman di ‘Justice League’ akan sangat besar. Bahkan keberadaan dan absensinya sama-sama akan memiliki pengaruh besar untuk cerita,” katanya seperti dikutip dari Screenrant, Jumat (27/1/2017). Mungkin terdengar kabur, tapi pendapat itu memiliki makna yang cukup jelas.

Nasib Superman di “Batman v Superman” mempengaruhi Batman dan Wonder Woman yang sama-sama hadir dalam pertarungan melawan Doomsday. Wonder Woman akhirnya memutuskan untuk kembali bertempur untuk manusia setelah absen. Batman pun tampaknya menjadi lebih lunak dan malah menggagas sendiri pembentukan Justice League demi mengatasi ancaman.

Justice League (Warner Bros)

Walau sempat dihajar habis-habisan oleh Batman berkat bantuan Kryptonite, Superman sejauh ini tetap pahlawan terkuat DC Extended Universe. Ia memiliki kemampuan komplit bisa terbang, kekuatan fisik super, daya tahan tubuh yang sulit ditembus, mata laser, dan sebagainya. Bila pada akhirnya ia akan kembali, ia bisa membantu mengatasi ancaman yang menyulitkan Batman dan para pahlawan lain.

Atau bisa jadi Superman malah bangkit sebagai sosok jahat seperti yang diimpikan Batman di “Batman v Superman”. Jika demikian, itu artinya fans akan sekali lagi melihat duel Batman melawan Superman.

Para fans DC untuk sementara ini hanya bisa berandai-andai, hingga filmnya rilis bulan November nanti. (tom)