Jika kita pergi ke restoran, biasanya kita membayar harga yang tertera di menu, atau dengan kata lain kita membayar makanannya. Namun, sebuah restoran atau kafe yang berada di Rusia yang bernama Ziferblat menawarkan sesuatu yang berbeda.

Di Ziferblat, kamu sama sekali dibebaskan untuk menyantap segala jenis hidangan yang disediakan oleh kafe tanpa membayar sepeserpun. Kamu juga dipersilahkan untuk mengambil dan mempersiapkan sendiri makanan yang ingin kamu nikmati. Baik makanan ataupun minuman, semua gratis sesuka kamu.

View this post on Instagram

Game on!

A post shared by Ziferblat Liverpool (@ziferblatlpl) on

Hal ini wajar saja di Ziferblat, sebab yang mereka jual bukan makanan, melainkan waktu. Kebijakan unik ini diambil dari pepatah yang mengatakan ‘waktu adalah uang.’

Kafe yang telah memiliki lebih dari 10 cabang ini mengusung slogan ‘everything is free inside except the time you spend there’, yang berarti semua hidangan di dalam kafe bersifat gratis, kecuali lama waktu yang kamu habiskan di dalamnya.

Ivan Meetin, penggagas kafe ini, menjelaskan bahwa dirinya menerapkan sistem layaknya hotel ataupun penginapan, yang menjadikan lamanya waktu sebagai tolak ukur harga. Dengan kata lain, kamu membayar sewa kafe ini untuk bisa mendapatkan makanan dan fasilitas di dalamnya, bukan membayar makanannya.

Kamu harus membayar sebesar 7 sen atau sekitar Rp 700 untuk setiap menit yang kamu habiskan di Ziferblat. Begitu memasuki kafe, kamu harus menuju ke kasir terlebih dahulu untuk mengambil jam yang berfungsi sebagai penghitung waktu.

Setelah itu, kamu bebas untuk mengambil apapun makanan ataupun camilan yang diinginkan. Tapi, kamu harus tahu bahwa kafe ini sama sekali tidak menyediakan pelayan alias mengusung konsep self service. Kamulah yang harus melayani diri sendiri serta mencuci piring, gelas, dan alat makan yang telah kamu gunakan.

Kafe ini sudah dilengkapi dengan faslilitas Wi-Fi, sehingga kamu bisa berkunjung ke sini untuk sekadar internetan. Jika kamu lapar saat sedang brwosing, maka kamu bisa ambil camilan seperti biskuit, kue, buah, salad, dan aneka makanan lainnya pada tempat yang telah disediakan. Kamu juga bisa membuat kopi di kafe ini.

Tahun 2016 lalu, kafe ini resmi membuka cabangnya di London, Inggris. Banyak warga London yang menyambut dibukanya kafe ini. Dengan rasa antusias yang tinggi, para pengunjung rata-rata menghabiskan waktu sekitar 83 menit di dalam Ziferblat. Dan jika dirata-ratakan, kamu harus merogoh kocek sebesar Rp 58 ribu untuk bisa menghabiskan waktu selama satu jam di kafe asal Rusia ini.

Banyak pengunjung yang amat menyukai ide unik yang diusung Ziferblat, namun ada juga yang tidak. Seperti dilansir dari The Guardian, Selasa (31/1/2017), salah seorang pengunjung bernama Sebastian menggerutu karena tak adanya fasilitas pelayan di Ziferblat, sehingga ia harus mencuci piring dan gelas kotornya sendiri. Sedangkan pengunjung lainnya justru menilai bahwa Ziferblat merupakan kafe yang asyik dan menyenangkan.

Kapan ya kafe seperti ini dibuka di Indonesia? (tom)