Seperti yang telah diketahui, putra bungsu Presiden RI Joko Widodo, Kaesang Pangarep, merilis video klip dimana dia menjadi rapper berkolaborasi dengan GamelAwan dan GafaRock. Lalu siapa GamelAwan yang diajak oleh Kaesang ini?

Dilansir dari Tribunnewscom, Selasa (31/1/2017), GamelAwan yang dimotori Kholis Kurniawan, sempat menjadi trendsetter ketika videonya diunggah di YouTube dan memancing reaksi banyak penggemar musik dengan alunan aransemen lagu-lagu hit yang digubah menjadi versi Jawa atau berlaras gamelan.

GamelAwan mengaku bila lagu-lagu Top 40 lebih banyak dijamah telinga remaja dan dari sana ia meminjam untuk disisipi unsur gamelan agar para remaja bisa mendengarkan dan mengapresiasinya, dengan harapan mereka nantinya lebih mencintai gamelan sebagai musik tradisi negeri sendiri.

Kemahiran GamelAwan memoles lagu-lagu hit dengan balutan gamelan memang tak terlepas dari latar belakang pendidikan Kholis Kurniawan sebagai alumnus jurusan seni musik di Universitas Negeri Surabaya tahun 2012.

â??Saya juga sempat kuliah di Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta (STKW) Surabaya tapi nggak lulus,â? akunya.

Lagu-lagu yang telah dicover versi Jawa oleh GamelAwan antara lain adalah lagu “What Do You Mean?” dari Justin Bieber, hingga “See You Again” dari Wiz Khalifa.

Berikut beberapa videonya.

(tom)