Saat ini, kata “bancikuis” memang sedang sangat populer. Pastinya udah pernah denger kata-kata ini dong? Apalagi di berbagai jejaring sosial yang merupakan tempat yang digunakan oleh pihak produsen sebagai tempat untuk mengadakan berbagai lomba dan kuis. Nah, bagi yang belum tau apa itu “bancikuis”, kata-kata ini bukan sesuatu yang buruk. Seseorang yang dipanggil “bancikuis” bukan berarti dia banci. Bancikuis itu merupaka julukan bagi orang-orang yang doyan ikutan berbagai ajang kompetisi maupun kuis-kuis undian. Yang penting segala sesuatu yang berhadiah menarik deh.

Saya juga termasuk “bancikuis” sebenarnya, soalnya saya doyan ikutan berbagai kuis dan perlombaan. Nah, satu lagi yang jadi ciri khas “bancikuis” adalah mereka tidak pernah patah semangat jika kalah. Mungkin awalnya memang sedikit kecewa jika mengetahui diri kita kalah dalam suatu perlombaan. Memangnya siapa sih yang gak bakal kecewa kalau kondisinya seperti itu? Tapi “bancikuis” ini orang yang kuat, tegar, walaupun diterpa badai dan hujan petir. Walaupun kalah berpuluh kali, dia tidak akan gentar untuk mengikuti perlombaan yang lain.

Dan kali ini, saya mau berbagi sedikit tips tentang bagaimana agar menjadi “bancikuis” yang sukses! 😉

  1. Selalu kunjungi blog-blog atau website yang menyediakan info perlombaan maupun kuis setiap harinya. Gak tau yang mana blognya? Gampang, buka Google, ketik : info lomba dan kuis 2012.
  2. Manfaatkan twitter jika anda punya akun disana! Dan kalau anda tidak tau harus mulai dari mana untuk mendapatkan info perlombaan yang seru, ketik di kolom “search” kata-kata kunci seperti : info lomba, info kuis, quiz, dll. Dan utamakan hasil pencarian yang dituju adalah akun twitter (people) , bukan “mention” twitter.
  3. Rajin-rajin mengikuti segala macam perlombaan dan kuis yang anda bisa! Jangan berpikir dengan mengikuti satu kuis maka anda akan langsung beruntung! Dengan mengikuti banyak kuis, maka kesempatan buat menang akan menjadi jauh lebih besar.
  4. Catat info-info perlombaan dan kuis yang punya hadiah “besar” dan jangan lupa catat kapan deadline-nya. Anda bisa memanfaatkan fitur “favorite” di twitter, buku agenda, atau bahkan memasang reminder di ponsel anda.
  5. Jangan mudah putus asa! Ini yang paling penting. Jangan karena anda kalah di beberapa perlombaan atau kuis secara berturut-turut, membuat anda down dan malas mengikuti perlombaan lainnya. Sedikit sharing nih, sejak awal Desember 2011 lalu, saya belum pernah memenangkan lomba atau kuis apapun, padahal saya ikutan berbagai macam kuis dan lomba setiap hari! Awalnya memang terasa sangat kecewa, tapi saya orangnya gampang tergiur jika melihat info lomba atau kuis, apalagi di kolom “daftar hadiah” nya. Makan saya lanjutkan perjuangan saya, mengikuti berbagai lomba ini dan itu, dan akhirnya rejeki saya datang 3 hari yang lalu. Jadi tanggal 17 dan 18 Januari kemarin, saya dinobatkan sebagai salah satu pemenang lomba menulis dan kontes foto yang saya ikuti sejak bulan Desember 2011. ^_^
  6. GOOD LUCK!