Melupakan Mantan (playbuzz.com)

Dalam hubungan percintaan, yang namanya putus cinta tak akan bisa kamu hindari. Kamu tentunya tahu pepatah yang mengatakan kalau selalu ada kebahagiaan dan kesedihan dalam cinta. Jadi, cinta juga bisa mendatangkan kesedihan akibat putusnya jalinan percintaan. Hal yang harus kamu lakukan setelah putus cinta adalah move on dan melupakan mantan pacar karena bagaimanapun hidup kamu harus tetap berjalan ke depan. Tapi teori dan kenyataannya pasti berbeda.

Terkadang ingatan-ingatan bersama mantan bisa membawa kamu kembali pada kesedihan dan penyesalan. Buat JBers yang sudah bertekad untuk tidak mengingat-ingat mantan kembali, JadiBerita punya lima cara cerdas yang harus kamu lakukan, yaitu:

1Membuang Semua Barang Kenangan

Barang Peninggalan Mantan (pinterest.com)

Siapa yang masih menyimpan barang-barang dari mantan? Biasanya, kamu akan teringat mantan kembali saat kamu melihat barang-barang yang diberikan oleh mantan. Jika masih ada barang-barang peninggalan mantan, sebaiknya sekarang kamu sumbangkan atau kamu berikan pada orang lain karena bagaimanapun juga, otak manusia akan mencoba mengingat secara otomatis saat melihat suatu barang tertentu. Tak hanya barang-barang peninggalan mantan, foto-foto kalian berdua juga sebaiknya kamu hapus agar kamu tak bisa teringat wajahnya lagi.

2Lakukan Sesuatu Hal yang Baru

Traveling Sendirian (traveller.com.au)

Tak hanya barang-barang kenangan yang membuatmu teringat dirinya, tapi juga saat kamu melakukan aktivitas yang tadinya kamu lakukan berdua dengannya. Cobalah untuk melakukan sesuatu hal yang baru, yang belum pernah kalian lakukan berdua atau belum sempat kamu coba saat masih pacaran dengannya. Dengan melakukan sesuatu hal yang baru, pikiran kamu akan lebih fresh. Siapa tahu, aktivitas baru yang kamu lakukan bisa kamu jadikan hobi dan rutinitas.

3Memperbaiki Diri

Intropeksi Diri (theodysseyonline.com)

Semua orang pasti selalu punya kekurangan, tapi apa salahnya kalau kamu mencoba untuk memperbaiki diri kamu menjadi pribadi yang lebih baik lagi setelah putus dengan mantan. Cobalah untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan yang kamu miliki misalnya kamu orangnya berantakan dan tidak memperhatikan penampilan, tapi sekarang kamu mulai belajar rapi. Atau jika kamu tadinya memiliki sifat yang emosional, mulai sekarang kamu harus belajar sabar dan menahan emosi. Dengan mencoba untuk memperbaiki diri, kamu pasti akan lupa dengan mantan dan tidak mengingat-ngingat dirinya lagi karena kamu sibuk memperbaiki diri.

4Berpikiran Positif

Positive Thinking (inspiyr.com)

Tahukah kamu kalau selalu berpikiran positif itu bisa mendatangkan banyak manfaat untuk dirimu. Dengan berpikiran positif, kamu bisa membuang semua hal-hal negatif yang bisa merugikan dirimu. Cobalah untuk selalu tersenyum, bersyukur, dan merasa bahagia. Dengan begitu, orang akan melihat kamu menjadi pribadi yang lebih menyenangkan. Semua hal yang terjadi pada kehidupanmu saat ini pasti selalu ada hikmahnya sehingga kamu tak perlu menyesalinya. Kamu hanya perlu menjadi pribadi yang ikhlas dan merelakan apa yang sudah terjadi dengan berpikiran positif kalau dia memang bukan jodohmu.

5Memperluas Pertemanan

Kegiatan Kampus (chemistry.berkeley.edu)

Kamu masih teringat mantan saat bertemu dengan teman-temannya? Coba deh kamu perluas pertemanan kamu sehingga kamu bertemu orang-orang baru yang belum mengenalmu serta hubunganmu dulu dengan mantan pacar. Kamu bisa ikut beberapa kegiatan positif seperti menjadi relawan, berorganisasi di kampus atau sekolah, hingga mengikuti les. Bertemu dengan orang baru bisa membuatmu tampil lebih percaya diri, siapa tahu kamu juga bisa bertemu dengan pacar idamanmu.

Semoga kelima hal cerdas di atas bisa membuat kamu tak lagi teringat mantan ya JBers! (Jow)