Boneka fashion adalah boneka yang dirancang terutama untuk mencerminkan tren mode berpakaian. Boneka ini biasa dimodelkan seperti gadis remaja maupun wanita dewasa yang diperuntukan sebagai mainan anak-anak ataupun koleksi untuk kolektor dewasa. Boneka fashion diproduksi lengkap dengan berbagai mode pakaian dan beberapa aksesoris seperti tas, sepatu, kalung, dan lain-lain.

1. Boneka Bisque

Boneka Bisque
Boneka Bisque

Merupakan boneka fashion paling awal yang muncul pada pertengahan abad ke-19. Diproduksi oleh perusahan Perancis seperti Jumeau, Bru, Gaultier, Rohmer, Simone, dan Huret, namun kepalanya diproduksi di Jerman. Boneka ini sebagian atau seluruh badannya terbuat dari bisque porselen dengan ukuran yang bervariasi sementara matanya terbuat dari kaca. Boneka bisque diproduksi sebagai mainan untuk anak-anak dari kelarga kaya dengan mode pakaian kontemporer. Dan berada dipuncak popularitas pada tahun 1860 â?? 1890.

2. Bild-Lilli

Bild-Lilli
Bild-Lilli

Pada awalnya Lilli adalah karakter kartun Jerman yang dibuat oleh Rienhard Beuthien untuk tabloid Bild Zeitung di Hamburg, Jerman, kemudian pada tahun 1953 Bild Zeitung memutuskan untuk memproduksi boneka Lilli. Boneka Lilli dirancang oleh Max Weissbrodt dari perusahaan mainan O&M Hausser dan diproduksi tahun 1955 â?? 1964 dengan dua ukuran yaitu 12â? (30 cm) dan 7.5â? (19 cm). Walaupun pada awalnya boneka ini dipasarkan untuk orang dewasa di bar dan toko tembakau dan mengacu sebagai boneka seks, namun akhirnya boneka Lilli populer sebagai mainan anak-anak.

3. Barbie

Barbie
Barbie

Barbie adalah boneka fashion yang terinspirasi dari boneka Bild-Lilli yang di desain ulang oleh Ruth Handler dan diproduksi oleh perusahaan mainan Amerika, Mattel Inc. Barbie memulai debutnya di American International Toy Fair di New York Tanggal 9 Maret 1959. Boneka Barbie pertama diproduksi dengan mengenakan pakaian renang dengan corak hitam putih. Penampilan Barbie telah berubah berkali-kali terutama pada tahun 1971 ketika matanya berubah yang semula melirik kesmping kemudian mejadi melihat kedepan.

4. Sindy

Sindy
Sindy

Sindy adalah boneka fashion dari Inggris yang diproduksi pertam kali tahun 1963 di London oleh Perusahaan Pedigree Dolls & Toys. Boneka Sindy menjadi mainan dengan penjualan terbaik pada tahun1968 â?? 1970 di Inggris. Kesuksesan tersebut disebabkan oleh peningkatan produksi aksesoris Sindy , sementara Mattel (produsen Barbie) tidak meningkatakan produksi aksesoris Barbie sehingga popularitas Barbie menurun. Pada tahun 1980 Boneka Sindy ditarik dari pasar Amerika Serikat setelah Mattel mengajukan gugatan pelanggaran hak cipta. Setelah tahun 1980, Pedigree menghasilkan sejumlah gaun malam Sindy yang dirancang oleh Para Emmanuels yang terkenal sebagai perancang gaun pengantin Putri Diana.

5. Fulla

Fulla
Fulla

Fulla adalah boneka fashion yang dipasarkan untuk anak-anak Islam sebagai alternative dari boneka Barbie. Fulla dibuat oleh NewBoy FZCO, produsen dari Dubai. Meskipun sebelumnya telah ada boneka yang dibuat mengenakan jilbab seperti Razanne dan Maroko Barbie, namun tidak sepopuler Fulla. Fulla mulai sukses dipasaran pada tahun 2003 dan dijual hingga ke Cina, Brazil, Afrika Utara, Mesir, Indonesia, dan Amerika Serikat. Untuk pasar Saudi, boneka Fulla ditampilkan dengan mengenakan abaya hitam dan jilbab. Semantara untuk Negara-negara lebih Liberal, Fulla mengenakan pakaian yang lebih berwarna namun bahunya selalu tertutup dan rok dengan panjang dibawah lutut.

6. Bratz

Bratz
Bratz

Boneka fashion ini diproduksi oleh MGA Entertaiment diAmerika Serikat. Empat karakter boneka Bratz pertama diliris tahun 2001 yaitu Cloe, Jade, Sasha, dan Yasmin. Walaunpun dbernasib buruk pada debutnya dibulan Mei 2001, namun penjuanlannya meningkat menjelang Natal. Pada tahun 2005 penjualan bonaka Bratz dan aksesorisnya mencapai 2 miliar dolar di seluruh dunia. Produsen Bratz telah menghasilkan beberapa karakter Bratz lainnya seperti Lilâ??Bratz (2002), Bratz Boyz (2003), Bratz Kidz (2006), Bratz Babyz dan Bratz Petz (2004), Itsy Bitsy Bratz, dan Bratz Lilâ??Angelz (2007).

7. My Scene

My Scene
My Scene

My Scene diproduksi oleh Mattel dan merupakan salah satu karakter Barbienamun memiliki kepala lebih besar dari boneka Barbie biasanya. My Scene pertama kali diperkenalkan pada musim gugur 2002 dan dirancang sebagai saingan boneka Bratz. Produksi awal My Scene terdiri dari 3 karakter perempuan yaitu Barbie, Chelsea, dan Madison , kemudian pada tahun 2003 diproduksi 3 karakter laki-laki yaitu Bryant, Sungai, dan Hudson. Penampilan My Scene mengalami beberapakali perubahan terutama pada bentuk bibirnya, untuk karakter laki-laki dibuat tanpa senyum, sementara untuk karakter perempuan dibuat tersenyum dengan mulut setengeh terbuka dan senyum menyeringai dengan mulut tertutup.

8. Pullip

Pullip
Pullip

Pullip adalah koleksi busana boneka dibuat oleh Cheonsang Cheonha dari Korea Selatan pada tahun 2003. Pullip pertama kali dipasarkan oleh Jun Planning Jepang, tetapi sejak awal 2009, telah dipasarkan oleh Groove Korea. Boneka Pullip memiliki tinggi sekitar 12 inci, tinggi badan sekitar 9 inci dengan ukuran kepala yang kebesaran, dan mekanisme mata yang unik yang memungkinkan mata bergerak bolak-balik dan mengedipkan mata, menggunakan tuas di bagian belakang kepalanya.

9. Gene Marshall, Tyler Wentworth, and Alexandra Fairchild Ford

Gene Marshall
Gene Marshall
Tyler Wentworth
Tyler Wentworth
Alexandra Fairchild Ford
Alexandra Fairchild Ford

Ketiganya merupakan boneka fashion yang diproduksi untuk kolektor dewasa. Gene Marshall dibuat antara tahun 1995 dan 2005 dan diproduksi oleh Ashton-Drake Galeri namun sejak tahun 2005 mereka diproduksi oleh Jason Wu. Tyler Wentworth di buat oleh Robert Tonner da memulai debutnya di American International Toy Fair pada tahun 1999. Alexandra Fairchild Ford dibuat oleh Madame Alexander Dolls dan telah di produksi konstan sejak 1923, namun tidak diproduksi secara massal dan didistribusikan melalui outlet- outlet besar. (jow)