Jika kamu memperhatikan jadwal rilis suatu film buatan Hollywood, mungkin kamu sadar belakangan ini film Hollywood selalu tayang lebih dulu di Indonesia dibandingkan negara pembuatnya, Amerika Serikat. Contohnya seperti film “Captain America: Civil War” yang tayang di Indonesia seminggu lebih cepat, atau film “X-Men: Apocalypse” yang tayang di AS 9 hari setelah penayangannya di Indonesia. Kenapa ini bisa terjadi? Padahal dulu film Hollywood selalu tayang di AS lebih dulu, baru negara lainnya.

Rupanya, hal ini tak terlepas dari perubahan yang terjadi di industri perfilman Hollywood dalam 20 tahun terakhir. Situs Variety pernah mencatat, saat ini 70 persen penghasilan Hollywood berasal dari luar AS. Dua puluh tahun lalu penghasilan dari pasar internasional tak sampai setengah.

X-Men Apocalypse (Comingsoon)

Hal inilah yang membuat kesuksesan film-film Hollywood dalam mencapai box office sangat bergantung pada pasar internasional. Gagal di pasar domestik, mereka masih bisa berharap dari luar Amerika untuk menutupi budget produksi.

Lantaran daerah di luar Amerika Serikat sudah menjadi pasar utama, maka mereka tidak main-main dalam menentukan dan membuat strategi penayangan film perdana di suatu negara, khususnya Indonesia yang sekarang sudah tergolong sebagai konsumen utama film-film Hollywood.

Sebuah momen di suatu negara pun menjadi perhatian khusus para distributor film dalam menentukan jadwal rilisnya. Contohnya adalah film “Captain America: Civil War” yang tayang bertepatan dengan libur panjang yang terjadi di Indonesia. Tentu saja momen libur panjang itu bisa berdampak positif terhadap jumlah penonton yang datang untuk menonton ke bioskop. Atau juga film keluarga semacam “Minions” yang rilis di Indonesia bertepatan dengan liburan sekolah. Saat liburan sekolah, film bertemakan keluarga memang cocok dengan penonton yang disasar seperti anak-anak yang sedang berlibur.

Minions (Duniaku)

Beberapa alasan itulah yang membuat kenapa film-film Hollywood tayang lebih dulu di Indonesia ketimbang di negara asalnya. Seperti sudah disebutkan, faktor bisnis sangat berperan dalam menentukan jadwal rilis sebuah film di setiap negara. Dengan strategi penjadwalan yang tepat, bukan tak mungkin film tersebut dapat meraup untung yang tinggi dan ujungnya menembus box office, meskipun bukan berasal dari negaranya sendiri. (tom)