Coklat Valentine Buatan Sendiri (www.inhamamatsu.com)

Valentine sangat identik dengan cokelat. Hampir di seluruh penjuru dunia, cokelat menjadi kado atau hadiah Valentine terfavorit. Kebanyakan orang tak ingin ribet dengan membuat sendiri cokelat Valentine yang akan diberikan kepada pacar atau orang tersayang. Padahal membuat cokelat Valentine sendiri itu tidaklah sulit karena hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja.

Dengan membuat cokelat Valentine sendiri, kamu telah menuangkan kasih sayang di dalamnya sehingga rasanya akan berbeda dengan cokelat yang dibeli di toko. Pacar atau gebetan kamu juga pastinya akan terkesan dengan cokelat buatanmu. Buat kamu yang ingin bikin cokelat Valentine sendiri, tapi nggak mau ribet, JadiBerita punya lima kreasi cokelat yang super mudah dan cepat dibuatnya. Yuk lihat!

1Chocolate Truffle

Truffle untuk Valentine (www.inner-gourmet.com)

Truffle merupakan jenis olahan cokelat paling terfavorit yang memiliki banyak varian rasa. Kamu bisa membuat truffle dengan menggunakan bahan biskuit yang sudah dihancurkan, whipped cream, dan cokelat leleh. Campurkan ketiga bahan tersebut lalu bentuk bulat-bulat dan simpan dalam lemari es hingga agak mengeras. Kemudian keluarkan lagi dari dalam kulkas dan celupkan dalam cokelat leleh dan taburi dengan aneka taburan seperti kacang-kacangan yang sudah dicincang, bubuk cokelat, sprinkle, hingga meises warna warni.

2Praline Chocolate

Coklat Praline (demandware.edgesuite.net)

Praline alias cokelat isi bisa kamu buat dengan isian sesuka hatimu. Untuk membuat coklat praline ini kamu membutuhkan cetakan cokelat agar bentuknya bisa rapi dan beragam. Setelah cetakan cokelat sudah ada, baru kamu siapkan bahan-bahannya seperti, cokelat, whipped cream, serta aneka selai kesukaanmu. Lelehkan cokelat lalu isi cetakan hingga bagian pinggirnya tertutup cokelat, sisakan bagian tengahnya. Diamkan sekitar satu menit, lalu kemudian isi bagian tengah dengan cream yang dicampur cokelat leleh atau selai kesukaanmu seperti selai kacang atau strawberry. Jangan mengisi cetakan dengan bahan isian terlalu penuh karena kamu akan menutup bagian atas dengan cokelat leleh kembali. Diamkan dalam kulkas hingga mengeras, setelah itu baru keluarkan cokelat. Praline memiliki tektur padat di bagian luar, namun lembut di bagian dalam.

3Oreo Fudge

Oreo Fudge (lilluna.com)

Ingin cokelat Valentine yang berbeda? Kamu bisa mencoba membuat oreo fudge yang terbuat dari cokelat leleh, susu kental manis, dan oreo yang sudah dihancurkan kasar. Campurkan semua bahan hingga rata, untuk takaran susu kental manis bisa sesuka kamu. Cicipi terlebih dahulu sebelum dicetak ya JBers! Setelah itu lalu padatkan di loyang atau wadah kotak kemudian masukkan dalam kulas hingga mengeras. Setelah mengeras, potong-potong berbentuk kotak-kotak kecil dan bungkus dengan kertas minyak warna-warni agar tampilannya lebih cantik. Oreo ini bisa kamu ganti dengan kacang-kacangan atau biskuit.

4Ombre Dipped Strawberry

Ombre Dipped Strawberry (afoodcentriclife.com)

Pacar atau gebetanmu nggak terlalu suka makanan yang manis? Coba deh padukan cokelat dengan aneka buah-buahan agar citarasa manisnya tidak terlalu terasa. Kamu bisa memilih buah strawberry yang memiliki citarasa agak asam. Siapkan strawberry yang sudah dicuci bersih dan dikeringkan lalu celup dalam cokelat leleh cair dan letakkan dalam kulkas hingga cokelatnya mengeras. Jika ingin tampilannya lebih cantik, setelah dicelupkan dalam cokelat leleh, kamu bisa menambahkan sprinkle atau lelehan cokelat berwarna lain agar tampilan warnanya jadi ombre dan memiliki gradasi warna yang cantik.

5Chocolate Dipped Wafer

Chocolate Dipped Wafer Cookies (theidearoom.net)

Masih merasa kalau membuat cokelat itu ribet? Kreasi cokelat yang terakhir ini menjadi kreasi cokelat yang paling mudah dibuat dan nggak ribet. Kamu cuma perlu menyiapkan wafer dengan aneka rasa seperti wafer cokelat, vanilla, kacang, dan strawberry lalu cokelat leleh dan sprinkle atau meises. Cara membuatnya, kamu cukup mencelupkan wafer ke dalam lelehan cokelat dan sprinkle atau meises lalu biarkan cokelat mengeras di suhu ruangan. Tak seperti keempat kreasi cokelat lainnya yang harus didinginkan di kulkas, chocolate dipped wafer ini jangan kamu dinginkan dalam kulkas karena nanti tekstur wafernya jadi tidak renyah lagi. Selain menggunakan wafer, kamu juga bisa menggunakan stik biskuit.

Mudah bukan kreasi cokelat di atas? Yuk, langsung segera bikin cokelat Valentine sekarang untuk diberikan kepada orang tersayang nanti! (jow)