Kehadiran robot di zaman sekarang ini semakin marak berkat kecanggihan teknologi. Beberapa penemuan robot bahkan memiliki kemampuan yang dapat mengubah dunia. Berikut adalah 5 robot dengan kemampuan terunik sedunia, seperti dilansir dari Techradar, Selasa (14/2/2017).

1Kodomoroid

Kodomoroid (Techradar)

Robot satu ini merupakan hasil inovasi dilakukan Universitas Osaka dan ATR Laboratories, Jepang pada 2014. Secara kasat mata, Kodomoroid memiliki tampilan seperti seorang gadis muda. Tetapi Kodomoroid merupakan robot android yang paling realistis di dunia. Robot ini bisa bertindak sebagai pembaca berita, membacakan berita terbaru dan melakukan berbagai gerakan tubuh seperti manusia nyata pada umumnya. Robot ini juga didukung dengan penyampaian verbal kata-katanya yang tidak kaku.

2iCub

iCub (Techradar)

Konsep dari kehadiran iCub adalah dirancang untuk meniru perilaku balita. Robot tersebut memiliki sensor di tangan dan sendinya serta kulit sintetis yang sensitif dengan sentuhan. Sensor yang ditanam di iCub memungkinkannya berinteraksi dengan cara yang sama dilakukan anak kecil pada umumnya. Kehadirannya dimaksudkan untuk membantu para peneliti memahami bagaimana manusia dan robot belajar serta berkolaborasi bersama. Robot ini dibuat oleh Italia Institute of Technology pada 2004.

3Kaspar

Kaspar (Techradar)

Kaspar yang dibuat University of Hertfordshire, UK pada 2015, dirancang untuk digunakan anak-anak yang memiliki kondisi autisme, yang sering merasa sulit membaca ekspresi dan emosi rekan mereka. Gerakan minimal Kaspar, dapat mendorong anak-anak autis untuk mengeksplorasi cara-cara baru berkomunikasi. Kehadiran robot ini sebagai pembangun kepercayaan diri, sehingga anak tersebut dapat interaksi dengan sesama manusia.

4Inkha

Inkha (Techradar)

Dibangun oleh Matthew Walker pada tahun 2002, Inkha adalah robot reaktif resepsionis yang akan menarik pengunjung dari King College London. Dia memiliki kemampuan menanggapi pertanyaan melalui layar sentuh yang terhubung padanya. Walker menanamkan kepribadian ke Inkha, serta menggunakan kamera untuk membantu mengeluarkan saran soal fashion. Bahkan, dia dapat berekspresi bosan menunggu sama seperti resepsionis nyata.

5Harry

Harry (Techradar)

Robot dengan keahlian bermain terompet ini merupakan buatan Toyota Motor Co, Jepang pada 2005. Harry merupakan robot yang menyerupai manusia dari Toyota yang pertama bisa berjalan dan ahli memainkan alat musik terompet. Toyota mengklaim bahwa robot ini adalah robot pemain marching band pertama di dunia. (tom)