Spider-Man menjadi salah satu superhero Marvel yang paling dikenal dunia. Jika ditanya mengenai kekuatannya, mungkin kebanyakan menjawab dia ahli dalam berayun dan bisa memanjat dinding gedung tanpa masalah. Meski demikian, ternyata kekuatan Spider-Man bukan hanya itu saja. Dilansir jadiBerita dari berbagai sumber, berikut adalah 5 kekuatan Spider-Man yang belum kamu tahu.

1Jenius

Tom Holland sebagai Spider-Man (Marvel)

Sebelum digigit laba-laba radioaktif, Peter Parker mungkin adalah remaja yang kurus, lemah, dan mudah ditindas. Tapi sejak saat itu pun ia sudah memiliki kecerdasan yang sangat tinggi. Versi komik menunjukkan Peter Parker memiliki IQ 250, angka yang cukup untuk membuatnya dianggap jenius.

Tidak seperti di versi film Sam Raimi, saat akhirnya Peter memperoleh kekuatan Spider-Man, ia tak bisa mengeluarkan jaring dari tangannya. Ia harus menggunakan peralatan web shooter untuk membantunya. Siapa yang menciptakan alat canggih ini? Dia sendiri.

Selain di komik, Peter Parker versi Marvel Cinematic Universe juga menciptakan sendiri web shooter-nya, menunjukkan kemampuannya menciptakan sesuatu memang luar biasa.

2Menyembuhkan diri dengan cepat

Wolverine dan Spider-Man (Duniaku)

Kebanyakan hanya tahu kemampuan menyembuhkan diri dengan cepat dimiliki oleh Wolverine atau Deadpool. Padahal, Spider-Man punya kemampuan serupa, meski levelnya berada di bawah Wolverine dan Deadpool.

Bila Spider-Man patah tulang atau babak belur, durasi penyembuhannya tidak akan mengikuti aturan orang awam. Cidera yang bisa membuat manusia normal lumpuh permanen hanya akan menghambat Spider-Man maksimal beberapa bulan saja. Namun Spider-Man tetap akan tewas jika tertembak atau tertusuk.

Mengingat Spider-Man memiliki musuh dengan kekuatan super seperti Rhino, Lizard, dan banyak nama lain, kemampuan healing factor ini memang dia butuhkan untuk bertahan hidup.

3Kekuatan super

Kekuatan para superhero Marvel (Marvel)

Siapa sangka selain gerakannya yang gesit, ternyata Spider-Man memiliki kekuatan di atas manusia normal. Bahkan, menurut strength level yang tertera pada gambar di atas, kekuatan Spider-Man berada di atas Captain America.

Di komik, Spider-Man mampu mengangkat beban hingga 10 ton. Sebagai perbandingan, Luke Cage yang berkulit baja hanya mampu mengangkat 3 ton sementara Captain America dengan serum super soldier-nya hanya bisa mengangkat 800 pon. Bahkan setelah alur “The Others”, kekuatan Spider-Man meningkat lebih tinggi lagi hingga ia bisa mengangkat beban 25 ton.

Tak heran jika dalam film “Captain America: Civil War”, Spider-Man mampu menahan serangan Bucky sang Winter Soldier hanya dengan satu tangan saja tanpa kesulitan, sementara Captain America masih kewalahan menghadapinya.

4Mampu berkomunikasi dengan laba-laba

Spider-Man (Slashfilm)

Di komik, ada alur berjudul “Spider-Man: Disassembled”. Di sini, gara-gara berurusan dengan musuh bernama â??The Queenâ?, Spider-Man mengalami transformasi. Bahkan setelah sembuh pun Spider-Man masih memiliki beberapa kemampuan unik. Salah satunya adalah komunikasi dengan laba-laba.

Spider-Man dapat merasakan keberadaan hewan laba-laba di sekelilingnya. Dia juga bisa mengetahui jenis suatu laba-laba hanya dengan melihat saja.

5Berubah jadi monster laba-laba

Man-Spider (Duniaku)

Seharusnya Spider-Man adalah pahlawan manusia dengan kekuatan laba-laba. Namun karena pengaruh-pengaruh tertentu, tubuhnya bisa bermutasi lebih lanjut menjadi monster.

Di animasi, masalah gigitan laba-laba ini pada akhirnya membuat tubuh Peter Parker bermutasi lebih lanjut. Hasil akhirnya adalah makhluk di atas yang dinamai Man-Spider. Kekuatannya memang meningkat jauh, tapi kemanusiaannya lenyap. Untungnya pada akhirnya ia bisa disembuhkan secara permanen. (tom)