Beranda jadiWawasan jadiSains

5 Fakta Teknologi yang Ternyata Mitos, Jangan Dipercaya!

Tidak dapat dipungkiri, saat ini memang kita sangat bergantung dengan teknologi. Hampir semuanya dilakukan dengan teknologi. Namun, karena kategori teknologi yang terlalu luas, membuat kita cukup repot untuk mempelajarinya. Perkembangan teknologi ini berimbas pada munculnya mitos-mitos yang justru dipercaya banyak orang. Berikut ini adalah 5 mitos teknologi yang jangan kamu percaya, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1Isi ulang baterai laptop terus-terusan merusak baterai

Charge laptop (Voyagetrading)

Banyak yang bilang jika laptop keseringan di-charge maka baterainya akan rusak. Rupanya, men-charge atau mengisi ulang baterai laptop secara terus menerus itu tidak akan merusak baterai. Yang membuatnya rusak justru adalah karena panas berlebih. Semakin panas laptop kamu, maka baterainya akan lebih cepat rusak.

2WWW sama dengan internet

WWW dan internet (FossByte)

Saat kamu akan mengakses internet, pasti kamu sadar mengetikan “WWW.”, banyak orang beranggapan bahwa WWW dan internet adalah sama, padahal keduanya berbeda. Pengertian dari internet sendiri adalah jaringan dari komputer kita menuju router dan server di seluruh dunia. Sementara untuk WWW (World Wide Web) artinya adalah tempat informasi yang akan diakses oleh pengguna internet itu sendiri, atau bisa disebut juga dengan URI (Uniform Resource Identifier). Penjelasan singkatnya, WWW merupakan bagian dari internet, dan untuk mengakses WWW membutuhkan internet.

3Sinyal operator penuh, layanan internet cepat

Sinyal smartphone (Jalantikus)

Melihat sinyal operator di smartphone kamu penuh, memang membawa kepuasan tersendiri. Ya, kita berharap pada layanan yang handal, internet yang cepat, panggilan suara jenih, dan lainnya. Namun, kenyataannya tidak begitu. Kekuatan sinyal bukan jaminan kualitas dari layanan operator. Ada banyak faktor lain yang mempengaruhi pengalaman kecepatan internet, ataupun kualitas panggilan suara.

4Banyak RAM, komputer makin cepat

RAM komputer (Jalantikus)

Kebanyakan orang berpikir, jika mereka menambah lebih banyak RAM akan membuat PC/laptop mereka menjadi super komputer. Kenyataannya tidak demikian. RAM besar memang lebih baik, membuat aplikasi berjalan lebih stabil, dan aktivitas multitasking lebih lancar. Tapi, penambahan RAM tidak secara langsung membuat komputer kamu jauh lebih cepat.

5Menelepon saat di pom bensin picu kebakaran

Pom bensin (Jalantikus)

Untuk yang satu ini, masih banyak diperdebatkan. Saat di pom bensin, kita memang dilarang menggunakan smartphone, karena berpotensi menimbulkan kebakaran, akibat percikan api yang keluar dari smartpone kamu. Secara teori, memang benar ada kemungkinan tersebut, tapi itu sangat kecil. Mitos mengerikan ini juga telah diteliti oleh banyak ilmuwan, tapi untuk keselamatan, pastikan kamu ikuti saja petunjuk yang ada, dan jangan menggunakan smartphone di pom bensin. (tom)